READING

10 Tahun Home Care Kediri, Dari Jemput Pasien Hing...

10 Tahun Home Care Kediri, Dari Jemput Pasien Hingga Tindakan Medis

KEDIRI – Program Home Care yang diluncurkan Dinas Kesehatan Kota Kediri sukses membantu layanan kesehatan warga. Selama 10 tahun program ini terus bermetamorfosis dari sekedar mengantar pasien hingga melakukan tindakan medis.

Home Care adalah program layanan kesehatan yang dikelola Dinas Kesehatan Kota Kediri sejak tahun 2010. Misinya adalah melakukan jemput bola pelayanan kesehatan dari rumah ke rumah. “Saat itu pelayanannya masih sebatas mengantar jemput pasien dari rumah ke rumah sakit. Sasarannya pasien yang tidak bisa mobilisasi secara mandiri, entah terhambat kondisi fisik ataupun ekonomi,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dr. Fauzan Adima kepada Jatimplus.ID.

baca juga: Sempat Mangkrak, RSUD Gambiran Kediri Segera Beroperasi

Upaya itu dilakukan untuk meminimalisir resiko kesehatan pasien agar cepat mendapat pertolongan medis. Sebab salah satu pemicu resiko adalah terlambat mendapat penanganan.  

Seiring perjalanan waktu, program ini mulai melakukan inovasi. Dari yang sebelumnya hanya menjemput pasien dari rumah ke rumah sakit, Home Care bisa melakukan penanganan medis yang bersifat paliatif. Perawatan paliatif adalah penanganan khusus terhadap pasien penyakit kronis stadium lanjut yang semakin susah untuk bergerak. Seperti kanker, jantung, hingga penyakit organ dalam yang sudah parah.

baca juga: Malam Pembantaian Syahwat Batu Antologi Puisi Jember Pemenang HPI 2019

Fauzan menjelaskan, tindakan ini dilakukan untuk menjangkau pasien yang tak bisa mendatangi rumah sakit. “Kita lakukan perawatan di rumah pasien. Tidak hanya membantu transportasi saja seperti sebelumnya. Bahkan untuk pasien kurang mampu, kita juga bantu sembako,” katanya.

Belakangan Home Care semakin dikembangkan menjadi Public Safety Center (PSC). Sistemnya seperti call center dengan melakukan panggilan darurat ke Command Centre di Kantor Dinas Kesehatan. Layanan ini menangani tindakan yang sifatnya emergency, seperti kecelakaan atau pasien kambuh dan harus dibawa ke rumah sakit secepatnya.

Caranya cukup sederhana, keluarga pasien tinggal menghubungi call center Dinkes di nomor 0811-3787-119 untuk tersambung dengan operator. Selanjutnya petugas akan memandu tindakan yang harus dilakukan keluarga pasien sambil menunggu kedatangan petugas medis.

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah mendownload aplikasi Sijari Sakti (Sistem Jaringan Informasi Kesehatan Kediri Terintegrasi) di Play Store. Melalui aplikasi ini bisa diketahui lokasi terkini pasien yang sedang membutuhkan pertolongan. “Tampilan dan cara mengoperasikannya hampir sama dengan aplikasi ojek online,” tambah Fauzan.

Melalui laporan yang disampaikan aplikasi tersebut, operator Home Care akan mengkroscek kondisi darurat yang dialami pasien. Selanjutnya akan dihubungkan dengan unit kesehatan terdekat dengan lokasi pasien. Koordinasi ini penting agar tim yang bergerak tidak tumpang tindih.

Saat ini Home Care sudah bekerjasama dengan seluruh instansi kesehatan di Kota Kediri. Ada 9 Puskesmas dan 12 rumah sakit yang menyediakan tim berikut ambulance. Masing-masing instansi menyiagakan 3-4 personil setiap tim dengan dua ambulance. RSUD Gambiran sendiri menyiagakan 45 personil dan 4 ambulance untuk mengakomodasi panggilan Home Care atau Home Visit.

Sejauh ini, sistem dan mekanisme penanganan Home Care telah berjalan baik dan lancar. Hanya saja sistem ini masih terhalang jam operasional puskesmas rawat jalan yang belum 24 jam. Begitu pula untuk istansi lain yang belum mampu bekerja selama 24 jam.

Untuk menyiasati kondisi yang demikian, Fauzan menyiasatinya dengan membatasi pelayanan hanya untuk panggilan emergency dan lansia. Dia juga berharap perekrutan CPNS yang akan datang bisa menambah jumlah personil Home Care agar lebih memadai. “Dan berharap ada tambahan anggaran karena menambah personil pastinya membutuhkan cost yang lebih besar,” pungkasnya.

Reporter : Dina Rosyidha
Editor : Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.