READING

13 Kota di Jawa Timur Akan Dilanda Hujan Lebat Har...

13 Kota di Jawa Timur Akan Dilanda Hujan Lebat Hari Ini

SURABAYA – Sejumlah kota di Jawa Timur hari ini akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir. Masyarakat diminta berhati-hati dengan menjauhi pohon besar saat hujan angin terjadi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengumumkan terjadinya cuaca ekstrim itu di 13 kota dan kabupaten di Jawa Timur. Mereka adalah Malang, Batu, Pasuruan, Jember, Sumenep, Pamekasan, Ngawi, Madiun, Bojonegoro, Bangkalan, Sampang, Probolinggo, dan Situbondo.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang ini bisa terjadi pada pagi, siang, dan malam hari. Beruntung angin kencang yang terjadi hanya sesaat dan tidak akan berlangsung dalam waktu lama.

Dikutip dari situs resmi BMKG, hujan yang turun dengan intensitas tinggi berpotensi menimbulkan genangan air hingga banjir. Karena itu masyarakat dihimbau berhati-hati saat hujan dan angin kencang terjadi terhadap potensi pohon tumbang dan jalan licin.

Di Madiun, angin puting beliung telah meluluh lantakkan empat rumah pada Minggu, 18 Nopember 2018. Pemukiman warga di Desa Duren, Desa Gandul, Desa Bulu, dan Desa Kenongrejo, Kecamagan Pilangkenceng rata dengan tanah setelah disapu angin beliung. “Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” kata Kapolsek Pilangkenceng AKP Sumantri.

Baca Juga: Awan Comulunimbus Mulai Muncul

Lantas apa yang harus diperhatikan masyarakat saat hujan deras disertai angin terjadi saat tengah berada di luar rumah.

Asosiasi Keselamatan Jalan (Road Safety Charity) IAM telah mengeluarkan panduan khusus tentang ini. Sebelum berangkat pastikan kendaraan roda empat Anda dilengkapio fitur heater atau AC. Meski udara dingin karena hujan, jangan biarkan sistem udara di dalam kabin tidak dinyalakan. Sebab saat hujan terjadi, biasanya muncul uap air yang akan menghalangi pandangan di kaca mobil.

Jangan mengendarakan kendaraan dalam kecepatan tinggi saat hujan deras terjadi. Selain terganggunya pandangan, kemampuan mobil untuk mengerem biasanya berkurang hingga dua kali lipat di atas badan jalan basah.

Perhatikan dengan seksama jarak aman dengan mobil di depan. Selalu perhitungkan bagaimana menghentikan kendaraan atau bermanuver saat terjadi sesuatu yang tidak diduga. Manuver mobil secara tiba-tiba akan membuat mobil tidak seimbang.

Pegang dengan kuat kemudi mobil jika terjadi angin kencang. Dalam beberapa kasus, angin kencang bisa mengganggu keseimbangan mobil terutama yang memiliki ukuran kecil dan ringan.

Selalu nyalakan lampu depan mobil atau motor dalam kondisi hujan. Hal ini sebagai tanda bahwa ada kendaraan di depan dan di belakang Anda.

Jika tak bisa menghindari jalanan yang tergenang air, maka pilihlah bagian paling tinggi dari genangan itu. Setelah keluar dari genangan air, keringkan rem dengan cara menginjak pedal rem secara perlahan dan berulang-ulang. Lebih baik lakukan dalam kondisi berhenti agar tertabrak mobil di belakang Anda. (*)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

  1. […] Baca Juga : Hari ini 13 Kota Hujan Lebat […]

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.