READING

5 Destinasi Jombang Yang Wajib Dikunjungi Sebelum ...

5 Destinasi Jombang Yang Wajib Dikunjungi Sebelum Gaji Ludes

JOMBANG- Bukan hanya kota santri. Juga bukan hanya tempat penemuan sejumlah situs sejarah penyebar agama Islam Nusantara. Tempat kelahiran Presiden RI Ke 4 KH Abdurrahman Wahid itu juga menyimpan sejumlah tempat wisata alam.

Bila melanglang ke Jombang, luangkanlah waktu sebentar kesana. Sebentar saja. Sendirian atau mengajak teman, atau kekasih hati, sama saja. Namun lebih baik bertandanglah bersama keluarga.

Selain memang layak disatroni, “membeli” wisata alam ini tidak perlu merogoh kocek dalam dalam. Kantong cekak atau dompet tipis juga bisa datang. Berikut lima tempat wisata alam di Jombang yang bikin anda betah berlama lama dan enggan pulang.

Pertama, Taman Ponggok Banjarsari.

Bagi para penyusur spot foto, taman bunga ini ibarat sorga. Spot memikat bertebaran dimana mana. Tengok kanan kiri melihat bunga. Sejauh mata memandang, bunga.

Namun hamparan Marigold lah favoritnya. Keelokan kelir oranye dan kuning bunga Marigold selalu menjadi sihir yang memikat.

Gumanan, “disini lho bagus, cahayanya pas”, atau “Ah, disini ternyata lebih bagus”kerap terlontar di udara. Alih alih beranjak. Setelah menemukan sudut pandang yang paling memikat, para pemburu spot pun tertawa tawa.

Begitulah fenomenannya. Saking banyaknya spot yang kece tak sedikit pengunjung yang kebingungan memilih yang terkece dari yang paling kece.

Selain Marigold, ada juga bunga matahari. Keelokannya tentu tak kalah. Daya tariknya berani diadu. Sebagai penambah wawasan, khususnya anak anak, pengelola wisata juga menanam jagung, padi dan labu.

Bagi bocah dengan orang tua yang bertempat tinggal di kota, dimana pengetahuan agraris hanya diperoleh dari lembaran buku, melihat dan menyentuh tanaman sawah secara langsung, menjadi poin yang cukup penting.

Oh ya, wisata alam ini berlokasi di Dusun Ponggok, Desa Banjarsari, Kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Kabupaten Jombang. Tiket sekali masuk Rp 5.000. Harga yang murah untuk sebuah sensasi  keindahan yang membekas selamannya.

Kedua, Alas Gedangan Mojoagung

Gardu pandang, rumah kayu, dan replika sarang burung. Kemudian latar belakang menghijau nan segar. Itulah daya pikat Alas Gedangan Mojoagung. Sebelum berangkat, sebaiknya sediakan memori berkapasitas tinggi. Juga jangan lupa power bank.

Percayalah, aktivitas jeprat jepret kamera akan sulit dihentikan. Kenapa begitu?.Ya, karena saking banyaknya spot yang elok. Oh ya, disarankan untuk berkunjung pagi atau sore hari. Bersiaplah menyambut klimaks keindahan sunrise (dan sunset) di bukit sunrise.

Wisata alam ini berlokasi di Dusun Gedangan, Desa Kedunglumpang, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang.

Ketiga, Wisata Alam Banyu Mili

Jalur menuju lokasi memang cukup menantang. Cukup terjal. Namun hal itu tidak menyurutkan niat penghobi wisata alam untuk berdatangan. Selain lingkungan yang segar, asri dan menghijau, ada juga sungai alam yang mengalir jernih.

Karenanya bernama wisata Banyu Mili. Bagi penyuka cokelat,  pengunjung wisata yang berada di Desa Carang Wulung, Kecamatan Wonosalam bisa memetik langsung dari pohon. Pernah nonton film The Hobbit dan  Lord Of The Ring?. Bisa ditemukan di wisata Banyu Mili.

Cukup selembar uang  Rp 5.000 untuk masuk wisata, silahkan berswafoto sesuka sukanya.    

Keempat, Bukit Hijau Carangwulung

Secara umum berupa hutan pinus yang lebat. Namun di sejumlah titik ada sepeda yang digantung, bambu dan sejenis ranting yang dibentuk simbol cinta, kupu kupu dari susunan bambu dan sejumlah kalimat kalimat unik kekinian.

Seluruh hiasan buatan yang berkolaborasi dengan suasana alam yang hijau segar itu menjadi daya pikat utama para pemburu spot foto. Untuk foto di spot sepeda  melayang, pengunjung cukup membayar Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu.

Namun untuk masuk ke lokasi wisata di Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, pengunjung cukup membayar tiket Rp 5.000. Murah kan?.

Kelima, Wisata Bale Tani

Wisata alam dengan lokasi  hamparan persawahan ini baru berusia satu tahun. Namun sejak dilaunching pada tahun 2017 lalu, langsung moncer. Pengunjung yang datang silih berganti. Terutama setiap week end, kepadatan kunjungan meningkat drastis.

Apa yang dicari?. Hampir sama dengan empat wisata yang lain. Spot foto. Banyak spot foto unik dan lucu dengan latar belakang hamparan sawah. Mulai booth telepon, rumah adat hingga sepeda yang bertengger di ketinggian.

Tidak hanya itu. Pengunjung juga bisa belajar tentang tanaman hidroponik. Cuma itu?. Tentu tidak. Bagi pengunjung yang gemar bersenandung, di lokasi juga tersedia ruang karaoke keluarga. Harga tiket masuk wisata di Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, juga murah.

Cukup Rp 5.000-Rp 10.000, pengunjung sudah menikmati keindahan sepuasnya. Apa lagi yang ditunggu?. Segeralah kesana sebelum gajimu betul betul ludes. (*)   

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.