READING

Ahmad Dhani Dilarang Tinggalkan Indonesia

Ahmad Dhani Dilarang Tinggalkan Indonesia

Surabaya – Musisi sekaligus pentolan grup band Dewa Ahmad Dhani dilarang meninggalkan wilayah Indonesia. Polisi telah menetapkan Ahmad Dhani menjadi tersangka dalam kasus ujaran kebencian yang viral di media sosial.

Kepolisian Daerah Jawa Timur telah mengajukan permohonan cekal Ahmad Dhani kepada Kantor Imigrasi. Musisi bernama asli Dhani Ahmad Prasetyo itu diminta tetap berada di Indonesia untuk mengikuti proses hukum yang sedang berjalan. “Polda Jatim sudah mengajukan status cegah tangkal terhadap Ahmad Dhani ke Kanwil Imigrasi Surabaya,” terang Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada Antara.

Ahmad Dhani telah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus pencemaran nama baik yang dilakukan Ketua Koalisi Elemen Bela NKRI Edi Firmanto. Koalisi ini adalah salah satu ormas penolak Deklarasi #2019GantiPresiden.

Mantan suami Maia Estianty ini dilaporkan menyampaikan ujaran kebencian terhadap massa demonstran yang berunjuk rasa di Hotel Majapahit, Jalan Tunjungan Surabaya, Minggu 26 Agustus 2018. Kala itu Ahmad Dhani menyebut massa yang berunjuk rasa menolak deklarasi #2019GantiPresiden sebagai “idiot”.

Pernyataan musisi asal Surabaya itu terekam dan tersebar luas di media sosial. Dalam waktu cepat pernyataan Ahmad Dhani itu menjadi viral dan dibicarakan masyarakat luas. Ujaran itu juga memantik polemik dan pertengkaran di dunia maya antara penolak dan pendukung gerakan #2019GantiPresiden.

Usai menerima laporan dari Koalisi Elemen Bela Negara, polisi dengan cepat menetapkan Ahmad Dhani menjadi tersangka. Hal itu didasarkan dari bukti dan saksi yang menguatkan perbuatan tersebut. Saat ini polisi masih mendalami pasal yang akan dijeratkan kepada Ahmad Dhani atas pernyataannya.

Penetapan status tersangka itu langsung direspon pihak Ahmad Dhani dan pendukung gerakan #2019GantiPresiden. Mereka menyebut Ahmad Dhani sebagai korban kriminalisasi polisi untuk membela kelompok tertentu.

Menanggapi tudingan itu, polisi mempersilahkan Ahmad Dhani mengajukan gugatan pra peradilan. “Kalau bilang dikriminalisasi silakan diuji di praperadilan. Di situ akan diuji langkah ini kriminalisasi dari polisi atau tidak,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera.

Saat ini masyarakat masih menunggu keputusan pengadilan atas upaya pembuktian yang dilakukan polisi kepada Ahmad Dhani. Keputusan tersebut diharapkan bisa meredam polemik kriminalisasi dengan berpegang pada hukum positif yang berlaku. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.