READING

Ahmad Dhani Menginspirasi Banyak Musisi Daerah

Ahmad Dhani Menginspirasi Banyak Musisi Daerah

KEDIRI – Sosok Ahmad Dhani begitu populer dan menginspirasi banyak musisi di daerah. Tak hanya mumpuni, pentolan band Dewa 19 itu adalah pejuang yang sukses membawa bandnya ke puncak pencapaian.

Davit Johar Arifin, gitaris grup musik Children Brother (CB) asal Kediri angkat topi pada perjalanan bermusik Ahmad Dhani. Musisi yang pernah menyandang gelar gitaris terbaik Festival Rock Indonesia Log Zhelebour ini bahkan tak malu mengakui sebagai pengagum Dhani. “Saya adalah penggemar Dewa 19, khususnya Ahmad Dhani,” kata Davit, Rabu 30 Januari 2019.

baca juga: Kontroversi Ahmad Dhani Dari Musisi Politisi dan Bui

Di mata Davit, Ahmad Dhani tak sekedar pemusik. Dia adalah petarung yang memperjuangkan berdirinya grup band dari nol hingga menembus industri musik tanah air yang ketat kala itu. Sebagai musisi seangkatan yang sama-sama berasal dari Jawa Timur, Davit juga mengetahui perjuangan Dhani pada bandnya Dewa 19. Bahkan Davit berkawan secara pribadi dengan gitaris Dewa 19 Andra Junaidi Ramadhan.

Menurut Davit, tak banyak musisi yang memiliki kemampun dan daya berjuang keras seperti Ahmad Dhani. Dia benar-benar mencurahkan hidupnya untuk Dewa 19 yang menaungi teman-teman sekolahnya di Surabaya. Bukan hanya tenaga, Dhani juga rela merogoh kocek demi membiayai keberangkatan personil Dewa 19 mengadu nasib ke Jakarta.

baca juga: Imlek Jangan Tanam Buah Naga

Peran Ahmad Dhani yang begitu besar pada Dewa 19 ini pula yang membuatnya terlihat dominan dalam band itu. Tak jarang publik menyebutnya sebagai arogan dan power syndrome. “Tapi menurut saya (sikap Ahmad Dhani) itu biasa. Dalam sebuah band tentu ada yang menonjol, entah karena kepemimpinan atau hal lain,” kata Davit.

Sifat keras yang dilakukan Dhani kepada teman-temannya, menurut Davit, bukanlah semata otoriter. Itu adalah bentuk kecintaan dan tanggungjawab Dhani kepada band. Ini terbukti dengan keberhasilan Dhani yang sukses membawa Dewa 19 sebagai band papan atas tanah air, serta konsisten menjaga karir. Meski bergelimang uang, Dhani juga tak pernah terjerat iming-iming narkoba seperti Ari Lasso dan pembetot bass Erwin Prasetyo.

Konsistensi Dhani pada musik juga ditunjukkan melalui karyanya di luar Dewa 19. Musikalitas Dhani tak diragukan saat harus mengikuti tren musik kekinian yang lebih easy listening. Dia juga tak canggung kala bermusik dengan musisi muda yang jauh di bawahnya seperti The Rock Indonesia.

Ahmad Dhani memang bukan musisi kagetan. Nama besarnya yang melejit melebihi teman-temannya tak membuat mantan suami Maia Estianty ini mengubur Dewa 19. Baginya, band ini telah menjadi rumah yang tak akan pernah dirubuhkan.

Kontribusi besar pada Dewa 19 ini pula yang konon membuat sosok Dhani sangat disegani personil lainnya. Bahkan Andra Ramadhan pun tak pernah benar-benar meninggalkan Dhani meski telah memiliki band rintisan Andra n The Backbone. Pemetik gitar ini bahkan tak pernah sekalipun komplain atas perilaku Dhani pada bandnya. “Dewa 19 memang milik Dhani,” kata Andra kepada Davit di sela perbincangan mereka.

Dewa 19 memang benar-benar band kawak. Berbeda dengan band Kotak yang dibentuk dari ajang pencarian bakat, perjalanan Dewa 19 cukup panjang. Band ini juga memotivasi banyak band-band tanah air, termasuk CB Band untuk  tak mudah menyerah pada keadaan.  

Karena itu Davit sangat prihatin atas kasus yang menjerat Dhani saat ini. Tudingan melakukan ujaran kebencian, menurut Davit, terlalu berlebihan jika harus diganjar pidana penjara. Di luar Dhani, vokalis grup rock Edane, Ecky Lamoh juga terjerat pasal yang sama. “Saya sepakat ada aturan dalam berkomentar, tapi tak harus dipenjara,” katanya. (*)   

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.