READING

Ambigunya Karakter Ekstrovert dan Introvert di Era...

Ambigunya Karakter Ekstrovert dan Introvert di Era 4.0

Belum lama ini dunia maya digaduhkan oleh pernyataan kontroversial salah satu influencer yang dianggap tidak bersimpati terhadap para tenaga medis dalam menangani corona. Setelah melakukan klarifikasi, yang bersangkutan menyesal atas ucapannya tersebut. Dan lagi, dia mengaku sebagai sosok yang introvert sehingga tidak bisa mengontrol perkataan yang keluar dari mulutnya.

Hal ini jelas membuat warga net kembali ramai berdiskusi. Pernyataan tersebut dianggap berkebalikan dengan karakter yang ditunjukkan oleh sang influencer ketika di depan kamera. Lalu seperti apa sebenarnya karakter introvert maupun ekstrovert yang sebenarnya?

Pengelompokan karakter ini pertama kali dikenalkan oleh seorang psikolog asal Swiss bernama Carl Jung. Melalui bukunya yang berjudul Psychological Types, Carl menjelaskan bahwa karakter introvert adalah mereka yang lebih nyaman ketika menyendiri dan bisa mendapatkan energi dari kesendiriannya tersebut.

Para introvert ini lebih menyukai melakukan refleksi, merenung dan bekerja dalam keheningan. Mereka justru merasa tidak nyaman ketika berada di dalam kerumunan. Hubungan antar manusia mereka anggap sebagai aktivitas yang melelahkan. Karena setiap gerak-gerik yang dilakukannya benar-benar difikirkan agar tidak menyinggung pihak-pihak lain.

Makanya untuk menghindari potensi kesalahan dalam berbicara yang tinggi, para introvert lebih senang menjadi pendengar yang baik ketika bersosialisasi. Mereka tidak senang menjadi pusat perhatian dan senang bekerja di balik layar. Mereka juga seringkali kikuk untuk memulai suatu percakapan personal dengan orang baru atau yang tidak terlalu dekat.

Meski demikian, mereka yang introvert sangat ahli dalam mengerjakan hal yang membutuhkan ketelitian tinggi. Standarnya adalah bekerja dengan sempurna makanya mereka cenderung tidak percaya dengan hasil kerja orang lain. Mereka juga enggan mendelegasikan pekerjaan kepada orang yang dianggap kurang kompeten.

Sedangkan para ekstrovert memiliki karakter sebaliknya. Mereka justru merasa pusing dan depresi jika merasa bosan dalam kesendirian. Makanya mereka lebih senang berkumpul dan berkerumun karena bisa menyerap energi baru yang membuat mereka bersemangat.

Karena senang membuat kerumunan, para ekstrovert sangat menyukai hal-hal baru dan mengikuti terus trend yang sedang terjadi agar tidak kehabisan bahan. Mereka juga sangat optimis, ceria, namun kadangkala juga senang mengumbar kesedihan.

Makanya para ekstrovert lebih dikenal sebagai pribadi yang labil. Dengan karakter terbuka dan easy going tersebut, para ekstrovert ini sangat ahli dalam mengajak orang, mengoordinir dan mengimpun massa.

Dua karakteristik ini bisa digambarkan sebagai sebuah spektrum. Ada bagian tengah yang menjadi perpaduan dari keduanya. Merekalah yang disebut sebagai ambivert. Karakter ini merupakan perpaduan dari dua karakter dan paling banyak dimiliki oleh manusia pada umumnya. Hanya saja setiap individu bisa berbeda-beda, condong ke sisi ekstrovert atau introvert.

Apalagi di era teknologi yang semakin canggih saat ini. Seorang introvert bisa menjelma menjadi ekstrovert yang bebas berekspresi di depan sebuah kamera, dan bebas menuliskan apapun melalui akun media sosialnya. Biasanya mereka yang “ramai” di media sosial belum tentu benar-benar supel di dunia nyatanya.

Begitu pula dengan para ekstrovert. Mereka tidak melulu menjadi orang yang rusuh dimanapun mereka berada. Meningkatnya sensitifitas masyarakat membuat para ekstrovert ini harus bisa menyesuaikan diri kapan mereka boleh “berisik” atau bersikap tenang.

Di tengah kondisi sosial kultural masyarakat yang semakin berubah, hendaknya kita bisa bersikap fleksibel dan menyesuaikan diri. Hal ini agar kita terhindar dari hujatan publik yang saat ini semakin mudah menyebar dan viral.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.