READING

Antisipasi Seragam Gratis Molor, Dinas Pendidikan ...

Antisipasi Seragam Gratis Molor, Dinas Pendidikan Kota Kediri Akan Mulai Pengadaan di Awal

KEDIRI– Setelah menanti hampir satu semester, siswa Kota Kediri akhirnya bisa berbahagia karena mendapat seragam gratis. Meski sempat meleset dari rencana awal, mereka tetap bersuka ria karena mendapat seragam baru lagi selain yang mereka pakai saat ini.

“Terima kasih seragam gratis akhirnya kami terima,” terang Dukut Waryanto, Kepala SDN Mojoroto 1 Kota Kediri kepada Jatimplus.ID.

Sebenarnya, idealnya seragam gratis diterima pada awal penerimaan siswa baru. Karena pemberian seragam gratis diberikan agar orang tua murid tidak harus membeli seragam sendiri sehingga mengurangi beban belanja persiapan sekolah anak.

Meski demikian, menurut Dukut, orang tua murid tidak terlalu mengandalkan program tersebut. Mereka tetap berbelanja seragam sendiri yakni seragam putih-merah dan seragam pramuka. Bahkan berikut atribut penunjang seperti dasi, topi, hingga kaos kaki.

Karena tidak ada seragam batik, untuk Hari Senin hingga Kamis siswa menggunakan seragam putih merah. Dan untuk Hari Jumat dan Sabtu siswa menggunakan seragam pramuka. “Jadi tidak ada keluhan walaupun pemberian sempat molor. Orang tua murid menyesuaikan diri,” tambahnya saat ditemui di sekolahnya Selasa Pagi (26/11).

Sementara itu, Siswanto, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri, meminta maaf atas keterlambatan pendistribusian seragam gratis. Pasalnya ada beberapa kendala teknis sehingga realisasinya membutuhkan waktu lebih dari perencanaan.

“Kami mohon maaf sebelumnya,” terangnya.

Meski demikian, Disdik sudah berusaha mengupayakan yang terbaik. Apalagi hal ini ditujukan untuk para penerus bangsa. Sehingga ke depannya Disdik akan semakin memperbaiki pelaksanaan pengadaan seragam gratis.

“Harapannya program ini bisa mengurangi beban orang tua dalam memenuhi kebutuhan sekolah,” tandasnya.

Untuk diketahui, jumlah penerima seragam gratis tingkat SD sekitar 5.322 penerima. Mereka mendapatkan kain atasan sepanjang 1,5 meter dan bawahan 1 meter. Sedangkan untuk SMP ada sebanyak 6.848 siswa. Mereka menerima kain atasan 2 meter dan bawahan sepanjang 1,5 meter.

Ibnu Qayyum, Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) menjelaskan penyebab utama molornya realisasi seragam gratis sendiri dikarenakan gagalnya lelang awal. Ada sekitar 20 peserta lelang yang mendaftar namun ternyata tidak ada yang memenuhi syarat. Makanya Disdik kemudian membuka lelang gelombang dua.

Akhirnya didapatkan dua pemenang lelang. Untuk pengadaan seragam SD dimenangkan oleh CV Saritama asal Desa Brenggolo, Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Anggarannya sekitar Rp 1,26 miliar.

Sedangkan untuk pengadaan seragam SMP, tendernya dimenangkan oleh CV. Rizal Jaya asal Desa Dengkol, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Dana yang dikucurkan sekitar Rp 2,57 miliar.

Ibnu berupaya agar tahun depan kemoloran pengadaan seragam gratis tidak lagi terjadi. Makanya dia merencanakan untuk mulai melakukan pengadaan di awal tahun. “Kalau ABPD sudah di dok (disahkan, red) akan coba langsung saya ajukan untuk dimulai,” urainya.

Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama pelaksanaan. Sehingga seragam gratis bisa selesai sebelum melewati masa penerimaan siswa baru. Sedangkan untuk datanya penerima, Ibnu tidak menggunakan estimasi. Karena melihat evaluasi tahun sebelumnya, ada sisa barang yang cukup banyak.

“Sebenarnya barang sisa ini bisa digunakan di tahun setelahnya. Tapi ini tetap menjadi catatan dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan, red),” katanya.

Makanya untuk data penerima, Ibnu berencana menggunakan jumlah penerima tahun ini dengan sedikit penambahan. Ini dikarenakan hampir seluruh SD/MI, dan SMP/MTs negeri sudah terkondisi dengan jumlah murid yang tetap setiap tahunnya.

“Kita gunakan data penerimaan siswa baru sesuai tahun ini. Kemungkinan tidak terlalu berubah,” pungkasnya.

Reporter : Dina Rosyidha
Editor : Prasto Wardoyo

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.