READING

Aplikasi KlikGO Siap Dukung Pelaku Usaha Kota Kedi...

Aplikasi KlikGO Siap Dukung Pelaku Usaha Kota Kediri

KEDIRI – Sebuah perusahaan aplikasi KlikGO yang menawarkan 212 layanan jasa diluncurkan di Kota Kediri. Apa saja manfaatnya?

Minggu, 15 September 2019 aplikasi berbasis IT dan media sosial bernama KlikGO resmi diluncurkan di Kediri. Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar hadir dalam peluncuran itu sebagai dukungan terhadap inovasi masyarakat.

Berbeda dengan aplikasi lain yang hanya menyediakan satu jenis layanan seperti tiket, hotel, dan sebagainya, KlikGO melayani 212 layanan sekaligus. Mulai dari ojek online, jasa pengiriman, pemesanan makanan, tambal ban online, perbaikan kendaraan, hingga penjualan produk UMKM. “Layanan kami paling lengkap dari aplikasi yang sudah ada,” kata Yayan Sofyan, founder KlikGO saat ditemui Jatimplus.ID di lobi Hotel Penataran, Kota Kediri, Selasa 17 September 2019.

Layanan yang paling ekstrim yang disediakan KlikGO, menurut Yayan, adalah tambal ban. Jika biasanya pemilik kendaraan harus menuntun motornya menuju bengkel terdekat, tak akan terjadi dengan KlikGO.

Melalui aplikasi bernama Klik Road, mereka cukup mencari tukang tambal ban melalui gadget. Sistem pencarian satelit dengan cepat akan melakukan pelacakan lokasi tambal terdekat, dan memberitahukan kepada kita. “Sebaliknya, kami juga merekrut masyarakat yang punya keahlian menambal sebagai partner KlikGO,” kata Yayan.

Contoh lain adalah Klik Beauty. Sama seperti Klik Road, aplikasi ini membuka kesempatan kepada siapapun yang memiliki keahlian makeup untuk bergabung menjadi mitra. Sehingga meski tak memiliki salon sendiri, mereka tetap bisa bekerja. Yayan memastikan semua mitra yang direkrut bukan abal-abal.

Pasalnya mereka yang ingin bergabung menjadi penyedia jasa harus melalui proses pendaftaran ke biro masing-masing. Di Kota Kediri, pemegang kepala bironya adalah pegawai Dinas Koperasi dan UMKM Pemkot Kediri. Sehingga proses seleksinya tidak sembarangan.

Layanan ini selaras dengan persoalan yang dialami Pemkot Kediri untuk mendukung pelaku usaha dalam mencari pasar. “Dengan layanan ini, partner KlikGO yang menjadi binaan Pemkot tidak lagi sepi karena mendapatkan pelanggan melalui aplikasi,” kata Yayan yang didampingi Direktur KlikGO Giri Putra dan Direktur Marketing KlikGO Aris Pancaro.

Luasnya jaringan yang dimiliki KlikGO membuka peluang bagi UMKM untuk mendapatkan pembeli hingga seluruh Indonesia. Perusahaan ini juga menjamin keaslian barang, termasuk pengecekan ketersediaan barang yang diproduksi pelaku UMKM untuk memberi kepastian pembeli.

Yayan optimis aplikasi yang dia ciptakan ini akan bisa bersaing dengan aplikasi sejenis yang sudah ada. Perusahaannya juga tak akan lebay untuk ikut-ikutan memberi diskon jor-joran seperti aplikasi lain.

Sebagai gantinya, user diminta proaktif untuk mendapatkan diskon, dengan sering mengakses dan mengupload foto di live updates. Fitur ini dibuat menyerupai instagram sehingga tidak akan menyulitkan masyarakat.

Penulis : Dina Rosyidha
Editor : Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.