READING

Awan Comulunimbus Muncul, Waspadai Hujan Es dan P...

Awan Comulunimbus Muncul, Waspadai Hujan Es dan Puting Beliung

SURABAYA- Awan Comulunimbus (CB) telah muncul di sejumlah daerah di Provinsi Jawa Timur. Awan berwarna hitam pekat itu terlihat pada sore hingga petang hari. Awan CB merupakan penanda alam cuaca ekstrem telah mengintai.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Surabaya meramalkan  hujan deras, hujan es, hingga puting beliung akan melanda wilayah Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan, Mojokerto dan Bojonegoro.

Datangnya cuaca ekstrim itu akan berlangsung selama sepekan ke depan. “Cuaca ekstrim itu ditandai dengan munculnya awan Comulunimbus, “ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda Taufik Hermawan.

Comulunimbus adalah gabungan bahasa latin cumulus yang bearti akumulasi dan nimbus yang berarti hujan. Comulunimbus merupakan awan vertikal yang menjulang tinggi dan padat.

Kemunculan Comulunimbus  berasal dari ketidakstabilan atmosfer.Kehadirannya berkaitan erat dengan datangnya badai petir dan cuaca dingin lain.

Baca Juga : Hari ini 13 Kota Hujan Lebat

Seperti dikutip dari sindonews.com, BMKG menghimbau masyarakat di lima kota yang terpapar untuk tidak meninggalkan pantauan cuaca.

Pantauan bisa dilakukan melalui media sosial atau kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Dengan terus memantau perkembangan cuaca, masyarakat lebih siap ketika cuaca ekstrim benar benar datang.

Apalagi hujan secara umum sudah mengguyur sebagian besar wilayah Jawa Timur.“Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan, “jelasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

  1. […] Baca Juga: Awan Comulunimbus Mulai Muncul […]

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.