Awas, Corona Bisa Menyebar Lewat AC

Tiga keluarga yang semula sehat tiba-tiba terpapar Covid-19. Mereka tak memiliki riwayat berinteraksi dengan penderita, hingga membuat geger warga Guangzhou  China.

Peristiwa ini terjadi pada Januari 2020 lalu dan langsung menarik perhatian para peneliti. Para ahli berpikir bahwa mereka terpapar virus Corona dari AC restoran yang mampu menghembuskan tetesan lebih jauh dari pada yang seharusnya.

Padahal diketahui tetesan liur dari seseorang hanya bisa menyebar ke sekitarnya dalam radius satu hingga dua meter saja. Namun dari kasus yang terjadi di restoran tersebut, tetesan seorang penderita tanpa gejala bisa menulari pengunjung lain yang bahkan berada di meja yang berbeda.

Peneliti berpikir bahwa sumber dari kejadian ini berasal dari seorang perempuan berumur 63 tahu. Perempuan ini tidak menunjukkan gejala (demam dan batuk) ketika makan malam di sana. Namun beberapa waktu kemudian dia merasa tidak enak badan dan pergi ke rumah sakit. Hasilnya, dia dinyatakan positif covid-19 setelah menjalani tes.

Dalam dua minggu, empat orang keluarganya juga menderita sakit. Begitu pula dengan lima orang pengunjung lain dari dua keluarga yang berbeda. Semua pasien ini diketahui tidak memiliki hubungan sama sekali kecuali waktu mereka bertemu dan makan di restoran yang sama.

Penemuan ini pun mengejutkan para peniti. Mereka kemudian menyampaikan temuan ini dalam rilis di jurnal Penyakit Menular yang diterbitkan awal bulan ini. Jelas, hal ini menjadi kabar menakutkan bagi orang yang mencoba untuk menjaga jarak sehat dari orang lain.

Meskipun demikian, diketahui 73 orang pengunjung lainnya dan delapan pekerja di restoran tidak sakit pada waktu yang sama. Kabar ini juga bisa menjadi harapan bagi restoran yang ditutup untuk kembali buka.

Untuk restoran yang mencoba bertahan dan kembali buka dalam beberapa bulan mendatang, temuan peneliti ini bisa menjadi acuan untuk membatasi risiko penyebaran virus. Seperti ada batasan berapa lama pelanggan dapat menghabiskan makan, pengurangan kapasitas restoran, AC atau pemanas harus dimatikan dan karyawan disarakan untuk memakai masker.

“Untuk menghindari penyebaran virus di restoran, kita merekomendasikan meningkatkan jarak antar meja dan memperbaiki sistem ventilasi,” tulis para peneliti.

Penulis: Dina Rosyida
Disadur dari www.businessinsider.com

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.