READING

Bagaimana Anak anak di Malang Kuat Berpuasa Ramada...

Bagaimana Anak anak di Malang Kuat Berpuasa Ramadan

MALANG – Meski dilatih berpuasa sejak dini, kebugaran dan kesehatan anak anak juga harus tetap terjaga. Jangan sampai gara gara menahan lapar dan dahaga stamina mereka terganggu. Untuk itu Aang Ghunaifi Dardiri founder dari sebuah pusat kebugaran khusus anak anak di Kota Malang berbagi tips kebugaran dan kesehatan. Bagaimana selama menjalani ibadah puasa anak anak tidak terlihat loyo atau lemas.   

Ingin tahu lebih lanjut ?, berikut kiat kebugaran dan kesehatan Kak Aang dibawah ini.

1.Berolahraga Dengan Durasi 30 60 menit

Para orang tua bisa mengajak putra putrinya rutin berolahraga fisik pagi atau sore hari. Tidak usah lama lama. Cukup 30- 60 menit dan sebisa mungkin rutin setiap hari. Kendati demikian, Aang yang  jebolan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang  itu berpesan agar olahraga disesuaikan dengan kemampuan dan keadaan anak. Jangan memaksa  jika anak sedang kurang enak badan atau lagi lemas lemasnya.

2.Jalan pagi

Meski bisa pagi atau sore, Aang merekomendasikan olahraga sebaiknya dilakukan pagi hari. Karena belum lama makan sahur anak anak masih bertenaga. Dan olahraga yang dilakukan sebaiknya yang ringan saja. Semisal jalan pagi. Menurut Aang jalan pagi memberi banyak manfaat bagi kesehatan, terutama udara yang bersih dan segar sekaligus melancarkan pernafasan.

Jalan pagi secara tekhnis juga mudah dilakukan. Bahkan bisa dilakukan sekalian mengajak anak salat subuh berjamaah. Tidak hanya mendapat pahala, kesehatan dan kebugaran juga terjaga.

3.Lakukan Aktivitas Peregangan

Jika jalan pagi tidak sempat dilakukan, bisa diganti dengan aktivitas peregangan tubuh atau biasa disebut stretching. Dalam peregangan itu Aang memberikan beberapa contoh gerakan yang biasa dilakukan agar semua badan bisa bergerak. Salah duanya pada tubuh bagian atas (upper body) dan tubuh bagian bawah (lower body).

4.OlahRaga Sore dengan Gaya Permainan

Jika tidak bisa melakukan pagi,  anak anak bisa diajak olahraga sore. Anak bisa melakukan berbagai olah gerak multilateral. Diantaranya berjalan, berlari, melompat, mendorong, menarik, menangkap, hingga melempar. Agar tidak boring, olahraga bisa dikemas dalam bentuk permainan, yakni seperti tangkap dan lempar bola.

Bisa juga bergerak dengan mengikuti irama musik. Disarankan intensitasnya ringan hingga sedang (moderate). Dengan durasi maksimal gerak 60 menit. Olahraga sore bisa menjadi alternatif yang tepat ketika tidak bisa melakukan olahraga pagi.

5.Pola Makan Sehat

Selain rutin berolahraga, jangan lupakan pola makan sehat. Dalam berpuasa pola makan dan minum yang sehat dan tepat bisa menjadi tambahan energi anak selama beraktifitas fisik. Karenanya sangat penting.

Saat sahur, direkomendasikan makanan yang berlemak. Tujuannya agar perut anak tidak cepat kosong ketika beraktifitas. Sedangkan saat berbuka puasa, sebaiknya anak mendapat asupan makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks dan berserat. Kenapa begitu?. Agar energi dalam tubuh tidak cepat habis.

Sementara untuk minuman saat sahur disarankan mengkonsumsi air mineral yang cukup. Tujuanya untuk mengurangi resiko dehidrasi selama berpuasa dan menjalankan aktivitas fisik. Sedangkan saat berbuka puasa anak  bisa diberikan jus buah sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa dan beraktivitas fisik.

6.Pola Tidur Sehat

Tips yang terakhir adalah pola tidur yang baik. Kenapa demikian?, tidur yang cukup menjadi kunci selama berpuasa anak tetap bisa beraktifitas fisik dan berolahraga dengan baik. Karena dalam sehari bisa tidur 10-14 jam, sebaiknya anak dijauhkan dari kebiasaan begadang. Tujuannya agar bisa dengan mudah diajak olahraga pagi pagi. Demikian enam tips dari Aang untuk anak anak yang tengah menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan. Meski berpuasa semoga anak anak tetap sehat dan bugar. Selamat mencoba (Moh. Fikri Zulfikar)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.