Band GIGI Dukung Prabowo? Ini Faktanya

KEDIRI – Grup band GIGI sedang dirundung kabar tak sedap. Band yang digawangi Armand Maulana, Dewa Budjana, Thomas Ramdhan, dan Gusti Hendy ini diisukan tengah mendukung pencalonan Prabowo Subianto menjadi presiden.

Kabar keberpihakan politik Armand dan kawan-kawan ini disebarluaskan melalui aplikasi media sosial Facebook. Akun bernama Sultan Rheynald Chaniago tiba-tiba mengunggah foto personil GIGI yang sedang mengacungkan dua jari. Di bawahnya ditulis caption atau keterangan foto ‘Band GIGI for Prabowo Sandi’.

Dalam sekejap postingan itu langsung menyulut keramaian warganet. Bahkan saat ini foto itu sudah dibagikan ulang sebanyak 800 kali per tangkapan layar dibuat.

Tak sedikit warganet yang membantah postingan itu. Bahkan dengan terang-terangan menuding pemilik akun sengaja memelintir foto itu dengan mengkaitkan pencalonan Prabowo–Sandy yang memiliki nomor urut 02.

Penelusuran fakta oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia yang bekerja sama dengan beberapa media online anggota Aliansi Jurnalis Independen dan Asosiasi Media Siber Indonesia menyatakan kabar itu keliru. Foto tersebut sama sekali tak berkaitan dengan hiruk pikuk pemilihan presiden RI yang saat ini tengah berlangsung.

Penelurusan jejak digital yang didukung Google News Initiative dan Internews serta FirstDraft ini menemukan jika foto itu merupakan dokumentasi penampilan GIGI di Tokyo Jepang, Sabtu 28 Juli 2018 lalu. GIGI tampil dalam Festival Indonesia memperingati 60 tahun kerja sama Indonesia-Jepang.

Di sela pelaksanaan pertunjukan itu, para personil GIGI tampak berfoto bersama dengan mengacungkan dua jari. Simbol ini kerap diidentikkan sebagai perdamaian, meski di beberapa negara simbol ini memiliki makna berbeda. Foto itulah yang kemudian diunggah oleh pemilik akun Sultan Rheynald Chaniago dan dikaitkan dengan dukungan kepada pasangan calon presiden Prabowo-Sandy.

Peringatan kerjasama Indonesia-Jepang ini kerap dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Tahun ini, Bank Negara Indonesia (BNI) berpartisipasi mensuport kegiatan itu dengan mengusung dua industri kerajinan rakyat Indonesia yang menjadi mitra BNI. Mereka adalah Galeri Kerajinan Tenun Ikat Dayak asal Pontianak, Kalimantan Barat dan Jendra Jewelry asal Sleman, Yogyakarta. Keduanya merupakan anggota aktif Rumah Kreatif BUMN yang dibina oleh BNI.

Pameran ini penting bagi para pelaku usaha sebagai salah satu langkah signifikan mengembangkan usaha mereka. Tak hanya memperluas pasar, tetapi juga meningkatkan image sebagai pelaku usaha yang diperhitungkan. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.