READING

Barang yang Wajib Digunakan Ketika Berolahraga Out...

Barang yang Wajib Digunakan Ketika Berolahraga Outdoor

Di era new normal, masyarakat mulai banyak yang beraktivitas di luar rumah. Sebagian orang terlihat mulai melonggarkan protokol kesehatan. Namun saat ini data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tingkat pusat belum menunjukkan tanda-tanda membaik. Untuk itu, diperlukan kesadaran dari masing-masing individu untuk tetap menerapkan aturan yang dianjurkan.

Demi menjaga kesehatan selama masa wabah corona, salah satu aktivitas yang wajib dilakukan adalah berolahraga. Menurut Siti Chandra Wijayantie, dokter spesialis ilmu kedokteran fisik dan rehabilitasi, olahraga di luar ruangan lebih baik daripada di dalam ruangan. Pasalnya, berolahraga di ruang terbuka bisa mendapatkan beberapa manfaat sekaligus.

Selain luasnya ruang untuk bergerak, orang yang berolahraga di luar ruangan bisa menikmati pancaran sinar matahari. Di pagi hari, cahaya matahari bisa mengaktifkan vitamin D di dalam tubuh. Hal ini penting untuk memperkuat daya tahan saluran pernafasan, menjaga otot tulang dan sendi.

“Jika harus memilih olahraga di dalam atau luar ruangan, luar ruangan lebih baik,” terangnya saat live instagram 23 Juni.

Ketika berolahraga di luar ruangan, Siti mengingatkan untuk berdisiplin menerapkan protokol kesehatan terutama menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Selain itu, ada beberapa item yang wajib dibawa ketika berolahraga outdoor.

Pertama adalah hand sanitizer. Item ini wajib dibawa karena kita bakal bertemu banyak orang di ruang publik. Potensi memegang benda-benda yang tidak higienis semakin besar. Belum lagi kondisi tubuh yang berkeringat membuat tangan lebih sering digunakan untuk menyeka area sekitar muka. Agar tidak tertular virus, tangan sebaiknya selalu dalam kondisi bersih.

“Anda harus membawa hand sanitizer atau cairan pembersih tangan, sabun cair, atau air untuk cuci tangan. Tergantung aksesnya yang paling mudah,” tambahnya.

Selain itu, Siti juga menyarankan masyarakat untuk menggunakan penutup rambut. Bisa berupa topi atau bandana. Item ini perlu digunakan agar rambut tidak mengganggu wajah selama berolahraga. Menurutnya, memang rambut bukan media penularan. Namun akibat gangguan rambut, kita secara tidak sadar menggaruk bagian yang gatal akibat rambut atau menyibakkan rambut yang menutup muka.

Perpindahan virus dari tangan ke rambut dan wajah inilah yang dikhawatirkan menjadi jalannya virus menuju ke saluran pernafasan. Makanya sebaiknya tata rambut dan tutup dengan rapat sejak berangkat berolahraga agar tidak dipegang-pegang selama berolahraga.

“Topi juga sebaiknya disemprot sanitizer untuk memastikan tidak ada permukaan yang terkontaminasi,” bebernya.

Dan item terakhir pastinya masker wajah. Item ini harus dipakai ketika beraktivitas di ruang publik karena biasanya akan ada petugas yang melakukan sweeping dan menegur masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

Siti juga mengingatkan untuk tidak melupakan hal penting lainnya selain berolahraga demi mendapatkan tubuh yang sehat. Mulai dari istirahat yang cukup, pola makan sehat, dan kendalikan stress. “Selain mengendalikan makan, kalau memang sudah ada sakit, dikendalikan sakitnya. Kontrol ke dokter untuk mengatasi masalah tersebut,” pungkasnya.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.