READING

Bayar Rp 1 Juta, Nikmati Kereta Api Super Mewah Ja...

Bayar Rp 1 Juta, Nikmati Kereta Api Super Mewah Jakarta – Malang

MADIUN – PT Kereta Api Indonesia meluncurkan kereta Luxury Generasi II atau Luxury Sleeper sebagai angkutan lebaran. Kereta api ini memiliki fasilitas super mewah yang menjamin kenyamanan penumpang seperti tidur di rumah.

Sesuai namanya, Luxury, rangkaian kereta api yang diluncurkan PT KAI ini benar-benar mewah. Dengan hanya memiliki 26 kursi dalam satu rangkaian gerbong, sudah terbayang betapa luasnya ruang bebas yang dinikmati penumpang. Jauh berbeda dengan kapasitas tempat duduk kereta api eksekutif argo yang memiliki 50 kursi atau kereta ekonomi dengan kapasitas 64 – 106 penumpang.

Ruang penumpang yang lega. Foto PT KAI

Manager Humas Daop 7 Madiun PT KAI, Ixfan Hendri Wintoko mengatakan, kereta api Luxury Generasi II ini memiliki sejumlah fasilitas yang lebih modern. Tiap tempat duduk bisa diputar (reclining) hingga 140 derajat dan revolving sampai 180 derajat. “Seluruh operasional kursi dilakukan secara otomatis,” kata Ixfan kepada Jatimplus.ID, Selasa 28 Mei 2019.

Tak hanya itu, tiap-tiap bangku juga dilengkapi TV 10 inch, port 35” untuk audio headset, cup holder, kantong majalah, meja lipat, lampu baca, attendance call, dan nomor kursi. Seluruh sandaran bangku juga dilapisi busa polyurethane dan dibungkus bahan kulit sintetis berkualitas baik yang mudah dibersihkan.

Kursi yang nyaman untuk tidur. Foto PT KAI

Untuk membunuh rasa bosan selama perjalanan jauh, disediakan pula fasilitas audio dan entertaint yang terdiri dari 8 unit speaker unit yang diletakkan di plafon (atau pada dinding partisi rak bagasi sesuai kebutuhan). Bahkan jika bosan berada di tempat duduk, penumpang bisa menikmati mini bar yang disediakan di tiap rangkaian kereta.

Pemasangan TV LED 10” di tiap-tiap tempat duduk bukan satu-satunya fasilitas video yang disediakan. Di luar itu, masih ada 2 unit TV LED 10” di ujung I ruang penumpang, 1 unit TV LED 10” di partisi mini bar, dan 3 unit TV LED 10” di bagian ujung II ruang penumpang.

Tiap bangku dilengkapi TV LED 10″. Foto PT KAI

Tak hanya ruang penumpang, kemewahan ini juga terasa hingga bagian toilet yang serba modern. Berbahan dasar stainless steel dan dilengkapi flush push button dan water flushing/automatic flushing yang berfungsi untuk pembilasan kotoran pada kloset, dijamin tidak ada bau menyengat yang dihirup penumpang. Ini lantaran saluran buang kloset dihubungkan dengan sistem pemipaan melalui water closer (leher angsa) ke tabung penampungan/penetrasi limbah (TRL).

Lantas berapa harga tiket kereta api super mewah ini? PT KAI mematok bandrol satu juta rupiah untuk perjalanan dari Malang – Jakarta. Rangkaian kereta api Luxury ini akan ditarik oleh kereta api ekfekutif Gajayana. Selain KA Gajayana, rangkaian kereta Luxury II ini akan ditautkan dengan KA Taksaka dan Argo Dwipangga. “Tiketnya sudah mulai dijual hari Minggu kemarin (26 Mei 2019),” kata Ixfan.

Tiap gerbong dilengkapi mini bar. Foto PT KAI

Untuk memudahkan pembelian, Ixfan menghimbau kepada calon penumpang untuk membeli tiket melalui channel internal seperti kai.id, contact center 121, aplikasi KAI Access maupun loket stasiun. Atau bisa juga dibeli melalui eksternal channel seperti agen, loket multi biller, minimarket yang telah bekerja sama dengan perusahaan, termasuk penjualan pada situs dan aplikasi smartphone yang dikelola mitra.

Untuk mengantisipasi membludaknya jumlah penumpang, PT KAI telah menetapkan masa posko angkutan Lebaran 2019 selama 22 hari mulai tanggal 26 Mei 2019 (H-10) sampai dengan 16 Juni 2019 (H+10). Puncak arus mudik masa angkutan lebaran tahun ini, diperkiran terjadi pada Jumat 31 Mei 2019 dengan jumlah penumpang sebanyak 11.837 orang.

Sedangkan untuk puncak arus balik diperkirakan meningkat pada Minggu 09 Juni 2019 dengan jumlah penumpang sebanyak 20.939 orang. (HARI TRI WASONO)

print

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.