READING

Begini Cara Pemkab Kediri Bangun Ketahanan Pangan

Begini Cara Pemkab Kediri Bangun Ketahanan Pangan

KEDIRI – Berbagai cara ditempuh Pemerintah Kabupaten Kediri untuk menjaga ketahanan pangan warganya di musim pagebluk. Salah satunya dengan mengajak masyarakat membudidayakan ikan air tawar.

Budidaya ikan air tawar ini dikenalkan Dinas Perikanan Kabupaten Kediri kepada warga di Desa Paron. Sebanyak 80 ribu benih ikan disebar di kawasan Sumber Kembangan untuk dikelola bersama. Terdiri dari 40 ribu ikan tombro dan 40 ribu tawas.

Dua jenis ikan ini dipilih menjadi spesies yang dibudidayakan karena memiliki ketahanan hidup tanpa mengandalkan asupan pakan. Ikan-ikan ini akan dengan cepat menyesuaikan diri dengan ekosistem setempat dan mencari makanan sendiri.

Kepala Bidang Perikanan dan Budidaya Ikan Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Santoso, mengatakan ikan-ikan ini diperkirakan akan bisa dipanen dalam satu tahun ke depan. “Dengan mengajak warga memelihara bersama, akan tumbuh kesadaran membangun ekonomi secara mandiri,” kata Santoso.

Selain itu, masyarakat akan teredukasi untuk mulai membiasakan diri mengkonsumsi ikan. Kampanye gemar makan ikan merupakan program pemerintah pusat yang akan terus dilakukan secara masif untuk meningkatkan nilai gizi masyararakat.

Nilai positif lain yang diharapkan dari masyarakat dengan memelihara ikan ini adalah kesadaran menjaga lingkungan Sumber Kembangan. Dengan menjaga habitat ikan, secara langsung masyarakat akan memelihara kelestarian alam khususnya sumber daya air yang ada. “Kami akan melakukan hal serupa di sumber-sumber mata air,” kata Santoso.

Manfaat Ikan Air Tawar

Meski dikenal kaya nilai gizi, belum banyak masyarakat Indonesia yang menggemari ikan. Tak kalah dengan ikan laut, kandungan gizi ikan tawar juga bagus untuk tubuh manusia. Beberapa jenis ikan tawar yang kerap dikonsumsi adalah ikan nila, kakap putih, sarden air tawar, dan lele.

Dilansir dari situs resmi Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, kandungan asam lemak omega 3, protein, selenium, vitamin D dalam ikan sangat baik bagi tubuh karena rendah kandungan lemak jenuh.

Nila

Ikan nila cenderung tak memiliki aroma amis. Nila juga mudah diolah dan memiliki cita rasa yang gurih. Ia juga mengandung vitamin B12, senyawa penting untuk menjaga energy dalam tubuh; protein; mineral; dan kandungan vitamin lainnya. Oleh karena itu, nila juga baik dikonsumsi bagi yang tengah sakit atau lansia yang memiliki risiko penyakit jantung, kolestrol, dan tekanan darah tinggi.

Kakap putih

Kakap putih (Nile Perch) umumnya memiliki ukuran besar sehingga tersedia dalam bentuk fillet atau steak. Meski berukuran besar, teksturnya sangat lembut dan mudah dicerna. Ikan ini juga menjadi sumber terbaik asam lemak omega 3.

Sarden Air Tawar

Sarden air tawar berukuran kecil berwarna perak dengan rasa yang unik. Ikan ini mengandung vitamin A, B, dan B kompleks, kalsium, kalium, dan magnesium. Kandungan ini baik untuk perkembangan gigi dan tulang anak dan mendukung kesehatan ibu hamil.

Lele

Lele merupakan ikan air tawar yang paling terkenal dan paling mudah ditemukan di Indonesia. Ikan ini mengandung banyak nutrisi seperti protein, lemak, kalsium, vitamin C, vitamin A, natrium, dan zat besi. Ikan ini juga memiliki kadar merkuri yang rendah sehingga aman dikonsumsi ibu hamil. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.