READING

Belajar Mengelola Bencana dari Kelurahan Ketami

Belajar Mengelola Bencana dari Kelurahan Ketami

KEDIRI – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan Tangguh Bencana kepada Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Kesiapan warga di kelurahan ini dinilai baik dalam mengantisipasi bencana kebakaran.

Penghargaan Destana Award 2019 ini diberikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu di Surabaya, Sabtu 12 Oktober 2019. Anugerah ini adalah pertama kali bagi Kota Kediri setelah melakukan berbagai inovasi penanggulangan bencana.

Kelurahan Ketami dalam penilaian tim juri memiliki kelengkapan manajemen bencana. Diantaranya adalah pengkajian resiko bencana, perencanaan penanggulangan bencana, pembentukan forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB), peningkatan kapasistas, serta laporan kegiatan.

Melalui koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), warga di Kelurahan Ketami diajarkan teknik penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Ini mengingat kawasan Ketami yang memiliki banyak lahan persawahan dan perkebunan. “Jadi ketika terjadi kebakaran warga mampu merespon dan memahami bagaimana harus bertindak untuk menanggulanginya,” terang Kabag Humas Pemkot Kediri Apip Permana, Minggu 13 Oktober 2019.

Penilaian dalam pemberian Destana Award 2019 ini tak main-main. Setelah dinyatakan lolos administrasi, dilakukan kunjungan lapang Kelurahan Ketami oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, BPBD Provinsi Jawa Timur, dan BNPB Indonesia. Ini untuk membuktikan apakah laporan yang disampaikan pemerintah Kota Kediri benar-benar sesuai dengan kondisi lapangan.

Hasilnya, tak hanya kesiapan warga, Kelurahan Ketami juga telah membentuk satgas destana secara mandiri dengan anggaran kelurahan. Ini merupakan terbosan baru mengingat beberapa daerah banyak yang masih menggantungkan penanganan bencana pada BPBD.

Dengan diraihnya penghargaan ini, diharapkan dapat mendorong peningkatan kapasitas penanggulangan bencana.

Selain Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, ada tiga daerah lain yang memperoleh Destana Award 2019 kategori madya. Yakni Kelurahan Bandung Rejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Desa Salamrojo, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk, dan Desa Purwosari, Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi.

Penulis : Hari Tri Wasono
Sumber : Humas Pemkot Kediri

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.