Benarkah Nikotin Bisa Melawan Korona?

Kandungan nikotin di dalam rokok disebut mampu melawan virus Covid-19 atau Korona. Hingga kini penelitian tersebut masih terus dilakukan meski menuai kontroversi.

Kemampuan nikotin untuk melawan infeksi corona ini disampaikan peneliti dari Perancis saat memeriksa 343 pasien virus corona di rumah sakit Paris. Mereka diperiksa bersama 139 orang yang terinfeksi corona dengan gejala ringan, seperti yang dilaporkan AFP.

Hasil penelitian itu sangat mencengangkan. Pasien yang memiliki kebiasaan merokok justru lebih rendah terpapar virus ini. Menurut analisa peneliti, nikotin dapat melekat pada reseptor sel, sehingga menghalangi virus memasuki sel dan menyebar dalam tubuh. Hal ini disampaikan ahli neurobiologi terkenal Jean-Pierre Changeux dari Institut Pasteur Prancis yang juga ikut menulis penelitian ini.

Mereka yang dirawat di rumah sakit memiliki median usia 65 tahun dan hanya 4,4 persen adalah perokok. Pasien yang dipulangkan memiliki median usia 44 tahun dengan 5,3 persen di antaranya merokok.

Hasil studi cross-sectional menyebut mereka yang merokok setiap hari jauh lebih kecil kemungkinannya mengembangkan gejala ataupun infeksi parah SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. “Efeknya signifikan. Ini membagi risiko menjadi seperlima untuk pasien rawat jalan dan seperempat  untuk mereka yang dirawat di rumah sakit,” tulis para peneliti, seperti dikutip dari laman New York Post.

Mereka berencana untuk menggunakan nikotin pada petugas kesehatan di rumah sakit Pitie-Salpetriere di Paris, untuk membantu mereka melindungi dari tertular virus. Para peneliti juga tengah menyelidiki apakah nikotin dapat membantu mencegah “badai sitokin”, yakni sebuah reaksi yang cepat dari sistem kekebalan tubuh saat terpapar Covid-19.

Namun demikian pejabat kesehetan Prancis tetap mengingatkan masyarakat tentang efek bahaya nikotin. Dia berharap penelitian ini tidak membuat masyarakat abai tentang bahaya merokok. “Kita tidak boleh melupakan efek berbahaya nikotin,” kata Jerome Salomon, pejabat kesehatan Prancis.

Penulis: Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.