READING

Benarkah Warga Pacitan Yang Terkena Hepatitis Akan...

Benarkah Warga Pacitan Yang Terkena Hepatitis Akan Kebal Penyakit?

PACITAN – Hampir seribu orang warga Kabupaten Pacitan terinfeksi virus Hepatitis A. Namun tahukah kamu jika penyakit ini hanya akan menyerang manusia sekali dalam seumur hidup.

Kabar baik di tengah kegalauan warga Kabupaten Pacitan, Jawa Timur yang tengah mengalami wabah Hepatitis A adalah, mereka akan menjadi kebal. Setelah melewati masa sakit akibat terinfeksi virus ini, korban penderita Hepatitis A di Pacitan dipastikan tak akan terserang lagi.

Penelitian medis menyebutkan jika seseorang yang sudah pernah menderita Hepatitis A akan mengembangkan kekebalan yang sifatnya seumur hidup. Sehingga jika sudah pernah terinfeksi, dipastikan tidak akan terkena lagi. “Seseorang yang sudah pernah terinfeksi akan memiliki kekebalan terhadap virus Hepatitis A,” kata dr Catherina Pipit Hapsari, pengamat dan praktisi medis yang bekerja di Dinas Kesehatan Kota Kediri, Jumat 28 Juni 2019.

Pipit menjelaskan, Hepatitis A sangat terkait dengan pola hidup bersih. Dalam kelompok penyakit hati, Hepatitis A tergolong paling ringan dibanding Hepatitis B atau C yang dapat menyebabkan kanker hati. Bahkan jika kondisi pasien cukup bagus, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya selama mendapat asupan nutrisi dan istirahat baik.

Namun untuk mengurangi dampak kerusakan hati dan mempecepat penyembuhan, sebaiknya pasien dirawat di rumah sakit.

Hepatitis A adalah penyakit liver atau hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A. Virus ini menyebar melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi tinja atau kotoran orang yang telah terinfeksi.

Ketika seseorang yang sudah terinfeksi tidak mencuci tangannya dengan baik setelah pergi dari kamar mandi, lalu menyentuh benda-benda lain, makanan, dan minuman. Maka dengan mudah virus akan berpindah tempat kepada orang lain yang berinteraksi dengan benda dan makanan tersebut. Makanan yang sering menjadi sasaran virus Hepatitis A adalah buah, sayur, kerang, es, dan air.

“Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan beku atau yang setengah matang untuk menghindari resiko tertular virus,” kata dr Chaterina.

Tak hanya itu, virus ini juga bisa menyebar dan menular melalui hubungan seksual, termasuk secara anal atau oral, dengan orang yang sudah terinfeksi hepatitis A.

Merebak Setelah Idul Fitri

Fakta mengejutkan di balik mewabahnya serangan Hepatitis A di Kabupaten Pacitan disampaikan Dinas Kesehatan setempat. Wabah ini diketahui muncul sejak awal Juni lalu dan terus bertambah usai perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Hingga Kamis, 27 Juni 2019, tercatat 824 warga Pacitan terjangkit Hepatitis A. Kasus ini pertama kali ditemukan oleh petugas medis di Puskesmas Kecamatan Sudimoro. Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, menyusul terus jatuhnya banyak korban, diketahui jika mereka terkena Hepatitis A. Hingga kemudian Dinas Kesehatan Pacitan menyatakan kondisi luar biasa.

Saat ini virus tersebut telah menyebar di enam kecamatan, yaitu Kecamatan Sudimoro, Ngadirojo, Tulakan, Tegalombo, Arjosari, dan Kebonagung Pacitan. Mereka dirawat di puskemas, rumah sakit, dan rumah jika kondisinya masih cukup baik. (HARI TRI WASONO)

print

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.