READING

Berani Pedas? Silahkan Menjajal Bakso Blendi Iga S...

Berani Pedas? Silahkan Menjajal Bakso Blendi Iga Sapi

BLITAR-  Blendi dijadikan kuah bakso?. Kedengarannya Aneh. Ya, karena di Blitar blendi dikenal sebagai sayur nangka muda bersantan dengan cita rasa super pedas. Menggunakanya sebagai kuah bakso yang terbayang adalah butiran pentol bakso yang terapung apung diantara gumpalan nangka yang matang. Selain tidak lazim juga menabrak gagrak perbaksoan.

Ternyata tidak demikian. Bakso blendi adalah bakso dengan kuah kaldu nangka muda bercampur cabai rawit. Tidak heran jika kuah bakso blendi tidak sebening bakso pada umumnya. Warna kuahnya sedikit kecokelatan. Pengaruh nangka dan rebusan cabai yang membuatnya demikian. Namun bayangan pemandangan nangka yang berenang bersama pentol bakso itu tidak ada.

Lalu bagaimana dengan ciri khas blendi yang pedasnya naudzubillah?. Tidak ada yang berubah. Dalam dandang aluminium berisi kuah bakso blendi, Galih, pemilik usaha bakso blendi yang merangkap juru masak, mencemplungkan cabe rawit dalam takaran besar. Chili peppers yang telah layu dan beberapa pecah karena tersepuh panas itu terlihat mengapung bersama butiran pentol bakso.

“Untuk pedasnya kuah bakso ini saya menggunakan lima kilo cabai rawit untuk sekali masak, “kata Galih kepada Jatimplus. Dan pedasnya memang betul betul menampar. Karenanya, sebelum menyantap bakso blendi, siapkan tisu, teh hangat atau jeruk panas. Tentu saja minuman dingin tidak dilarang. Namun dalam hal “menyembuhkan” lidah dari cecaran pedas, minuman dingin tidak semujarab minuman panas.  

Untuk usaha yang baru berumur satu tahun itu Galih dan dua rekannya menyediakan beberapa variasi menu bakso. Ada bakso blendi tulang iga yang merupakan menu favorit. Selain pentol, tahu dan siomay kering anda juga bisa menikmati tulang iga sapi berlapis daging tebal yang empuk. Harganya tidak terlalu mahal, hanya Rp 19 ribu per porsi.

Kemudian bakso blendi jerohan Rp 17 ribu per porsi, bakso blendi biasa Rp 12 ribu per porsi, bakso biasa (bukan kuah blendi) Rp 10 ribu per porsi, bakso jerohan Rp 15 ribu per porsi dan bakso tulang iga Rp 17 ribu per porsi. Dalam sehari, yakni buka mulai pukul 10.00 Wib pagi hingga 21.00 Wib, iga sapi yang dihabiskan seberat 20 kilogram.

“Rata rata sehari terjual 200 porsi. Kalau sudah habis sebelum pukul 9 malam ya langsung tutup, “kata Galih dengan ramah. Usaha kuliner bakso yang dirintis setahun lalu itu awalnya hanya berawal dari iseng. Sebab Galih dan dua orang temannya berencana patungan membuka usaha counter telepon selular yang akhirnya gagal dan memilih menekuni kuliner bakso.

Di sela waktu luang itu, kata Galih dirinya iseng melemparkan tawaran siap menerima pesanan bakso blendi iga sapi. Tawaran itu diunggahnya ke media sosial khusus grup komunitas kuliner Blitar. “Awalnya yang memesan hanya 20 porsi. Kemudian muncul pemesan dari orang yang menggelar hajat mantenan, “kenangnya.   

Di dunia kuliner Galih bukan pemain baru. Sebelum terjun sebagai juru masak sekaligus pemilik usaha,  dia pernah ikut kerabatnya berjualan nasi goreng di Kota Blitar. Membantu sebagai juru masak ditekuninya bertahun tahun. Dari pengalamannya bergaul dengan kuliner itu, ide bakso blendi iga sapi bergulir begitu saja.

Galih melihat blendi sebagai kuliner tradisional yang dikenal akrab masyarakat Blitar. Sementara bakso merupakan kuliner yang dikenal lebih luas lagi. Memadukan kedua menu dengan tambahan iga sapi, menurut angan angannya akan menjadi terobosan yang diminati pasar. “Dan alhamdulillah, sebelum pukul 9 malam kami sering tutup karena habis, “tuturnya.

Galih menamai usahanya Bakso Tarlung Iga Blendi. Kepanjangan dari Cetar Balung. Dimana bisa mendapatkannya?. Bagi penggemar bakso dengan cita rasa super pedas silahkan datang ke jalan Palem Rembang, atau tepatnya sebelah barat terminal Patria Kota Blitar. Lokasinya di sebuah rumah pinggir jalan dengan teras yang didesain seperti ruko. Selain bisa dinikmati ditempat, Bakso Tarlung Iga Blendi juga menerima pesanan. (Mas Garendi)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.