READING

Berapa Lama Penumpang Pesawat Bertahan Saat Jatuh ...

Berapa Lama Penumpang Pesawat Bertahan Saat Jatuh ke Laut?

Surabaya – Kabar duka kembali terdengar dari dunia penerbangan Indonesia. Pesawat komersial Lion Air JT 610 jatuh ke perairan Tanjung Karawang.

Pesawat yang mengangkut 189 penumpang ini mengalami hilang kontak beberapa saat usai meninggalkan lapangan udara Halim Perdana Kusuma menuju Pangkal Pinang. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memastikan pesawat jatuh di perairan Tanjung Karawang.

Di tengah upaya pencarian badan pesawat, sejumlah spekulasi muncul terkait kemungkinan penumpangnya selamat. Sebab beberapa kasus kecelakaan pesawat yang jatuh ke dalam air, kerap ditemukan korban dalam keadaan hidup.

Dilansir dari National Transportation Safety Board, tingkat keselamatan manusaia bertahan di air cukup tinggi. Bahkan 95 persen orang yang mengalami kecelakaan pesawat akan dapat bertahan hidup saat jatuh ke dalam air.

Namun tahukah kamu bahwa untuk dapat selamat dari kecelakaan pesawat terbang, salah satu yang menentukan adalah pakaian dan sepatu yang dikenakan penumpang. Hal ini berhubungan dengan keleluasaan mereka untuk bergerak agar tetap mengapung di permukaan air. Sebagai contoh, kamu tak akan dapat berlari jika mengenakan sandal flip-flop atau sepatu high-heel.

Situs halosehat.com menyarankan kepada penumpang yang selamat untuk tetap mengapung. Jika memungkinkan, carilah benda apa saja yang bisa dijangkau untuk membantu mengapung. Perlahan-lahan, carilah benda untuk berlindung dari sengatan matahari, dan bergeraklah ke satu arah di malam hari.

Jika tak menemukan benda untuk mengapung, tetaplah tenang dan telentang. Biarkan tubuh kamu mengapung dan jaga kepala agar tetap di atas permukaan air. Diam dan ikuti ayunan gelombang air hingga petugas datang menolong.

Untuk bertahan hidup cukup lama, upayakan menemukan air bersih. Sebab tubuh manusia tak akan bertahan lebih dari 3-4 hari tanpa minum. Salah satu sumber air bersih yang bisa dipergunakan adalah air hujan. Jangan sekali-kali meminum air laut.

Perlindungan lain saat berada di laut lepas adalah menghadapi serangan predator seperti hiu. Upayakan tak membuat gerakan ekstrim yang bisa memancing perhatian mereka. Jika memiliki senjata seperti pisau, akan lebih efektif untuk menusuk hidung, mata, dan insang yang menjadi bagian sensitif mereka.

Jangan bergerak terlalu jauh dari lokasi jatuh agar bisa ditemukan tim penolong dengan cepat. (*)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.