READING

Beresiko Tularkan Corona, Pengamen Diciduk dari Ja...

Beresiko Tularkan Corona, Pengamen Diciduk dari Jalanan

KEDIRI – Upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tak hanya dilakukan dengan melarang warga keluar rumah. Pemerintah Kabupaten Kediri menggaruk anak jalanan dan gelandangan dari jalan raya yang berpotensi menyebarkan virus.

Petugas gabungan dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Satpol PP Kabupaten Kediri menggelar razia terhadap anak jalanan, gelandangan dan pengemis di sejumlah titik perempatan jalan. Razia ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona melalui kelompok risiko tinggi.

Plt. Kepala Dinsos Kabupaten Kediri, Suharsono, mengatakan razia gabungan ini dalam rangka memutus penyebaran virus corona melalui kelompok risiko tinggi. Karena anak jalanan, gelandangan maupun pengemis kerap bersinggungan dengan banyak orang tanpa memakai pelindung diri.

“Mereka yang terjaring razia dari wilayah Kabupaten Kediri selanjutnya dilakukan isolasi secara mandiri di rumah masing-masing. Sementara itu bila ditemukan anjal dan pengemis dari luar Kabupaten Kediri akan  dibawa petugas ke selter rumah singgah di Kecamatan Grogol untuk menjalani observasi,” jelasnya.

Petugas menyisir jalan utama Kediri menuju Surabaya, mulai dari Kecamatan Gampengrejo hingga Papar. Dalam razia ini petugas berhasil menciduk seorang pengamen yang berada di Simpang Empat Papar.

Setelah diminta menunjukkan kartu identitasnya, pengamen remaja ini kemudian diperiksa kesehatannya melalui pengecekan suhu tubuh dan disemprot cairan desinfektan. Selanjutnya yang bersangkutan digiring ke mobil patroli petugas.

Dalam razia yang dilakukan Senin, 4 Mei 2020, petugas hanya mengamankan satu pengamen beserta dua buah alat musik kentrung. Sebab kebanyakan pengamen dan anjal terlebih dahulu kabur saat didatangi petugas. Razia serupa akan terus digelar dengan sasaran dan waktu yang masih dirahasiakan.

Penulis: Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.