READING

Berjuang ke Zona Hijau, Pemkot Kediri Rapid Test P...

Berjuang ke Zona Hijau, Pemkot Kediri Rapid Test Pasar Tradisional

KEDIRI – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kediri berjuang keras menurunkan status Zona Kuning menuju Zona Hijau. Kesembuhan pasien Corona di kediri diklaim meningkat 33,33 persen.

Untuk menekan laju pertumbuhan wabah, Pemerintah Kota Kediri melakukan rapid test di pasar tradisional. Bermula di Pasar Centong yang berlokasi di Kelurahan Bawang, sejumlah pengunjung pasar baik pembeli maupun penjual mengantre mengikuti rapid test massal secara gratis.

“Pelaksanaan rapid test ini gratis, tidak dipungut biaya sama sekali” ungkap Alfan Sugianto, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kediri.

Hal serupa juga dilakukan di pasar grosir, kelurahan Ngronggo Kota Kediri. Selain dilakukan secara gratis, petugas juga secara personal mengajak pengunjung pasar untuk melakukan rapid test demi kebaikan bersama ini. Dalam sehari, Dinas Kesehatan menargetkan pemeriksaan kepada 50 orang di setiap lokasi pasar. Untuk hari ini pelaksanaan dilakukan di dua lokasi, jadi total ada 100 orang yang melakukan rapid test massal ini.

Hasilnya langsung bisa diketahui di lokasi pemeriksaan. Kendati demikian, hasil itu tidak diumumkan secara luas. “Untuk hasil rapid test bisa langsung kita ketahui saat ini juga, namun tidak kami sebarluaskan. Hasil diberitahukan kepada orang yang bersangkutan apabila yang bersangkutan dinyatakan reaktif,” jelas Kabid P2P ini.

Ia juga menambahkan, jika ditemukan hasil reaktif, maka yang bersangkutan segera dilakukan pemeriksaan PCR SWAB di RSUD Gambiran Kota Kediri.

Selain itu, walaupun saat ini berbagai daerah termasuk kota Kediri mulai menjelang new normal, masyarakat juga dihimbau untuk tidak lengah dengan cara tetap mematuhi protokol kesehatan setiap saat dan di manapun demi kebaikan bersama. (Pro/Hari TW)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.