READING

Bersih-bersih Rumah Alternatif Tugas Daring Siswa ...

Bersih-bersih Rumah Alternatif Tugas Daring Siswa Hadapi Corona

KEDIRI  – Tak harus melulu mengerjakan soal-soal LKS (Lembar Kerja Siswa, Red) akibat ditiadakannya proses belajar mengajar di sekolah, guru bisa memberi tugas bersih-bersih rumah untuk siswanya.  Selain manfaatnya nyata bagi kesehatan keluarga, tugas ini bisa lebih mendekatkan orang tua dan anak karena dilakukan bersama-sama.

Tugas daring ini seperti yang dilakukan salah satu guru di SDN Badas 2 Kabupaten Kediri, Ilma Aium Makhris. Menurutnya, walaupun tugas sepele namun selain bisa menangkal virus corona tugas bersih-bersih ini membuat anak sejak kecil belajar mandiri dan bisa hidup sehat.

Belajar  bersih-bersih rumah ini  menjadi tugas yang menyenangkan karena orang tua dan murid aktif dalam menyelesaikan tugas bersama. “Untuk tindakan pencegahan virus corona di rumah masing-masing, diharapkan agar setiap orang menggalakkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Dan upaya PHBS ini pun saya rupakan sebagai tugas daring bagi kelas yang saya ajar,” ungkap guru kelas 2 SD ini.

Tugas bersih rumah dilakukan para siswa pada hari Selasa (25/3) saja, sehingga tidak menggagu pembelajaran yang mengacu pada kurikulum yang telah ditetapkan. Hal ini diharapkan  menjadi salah satu refreshing anak karena seminggu sebelumnya tugas-tugas yang diberikan secara daring sifatnya harus memeras otak dengan mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru.

“Ya sekali-kali tugasnya tidak hanya duduk di kursi sambil menatap buku saja. Tetapi dengan tugas ini secara tidak langsung melatih kemampuan motorik siswa karena tubuh banyak bergerak,” terang guru yang biasa disapa Bu Ilma ini

Lebih lanjut, Ilma menerangkan detail tugas daring bersih-bersih untuk menangkal pandemi virus corona bagi siswa-siswanya, diantaranya mencuci bajunya sendiri menggunakan deterjen. Setelah mencuci baju selesai, siswa diwajibkan menyapu dan membersihkan rumah, minimal satu ruangan. Mulai dari mengelap meja, hingga merapikan kamar pribadinya.

“Saya pun menekankan pada wali murid agar ikut membantu mengawasi sampai tugas selesai. Alhamdulillah wali murid mudah dikoordinasi karena kami ada grup WA khusus wali murid kelas 2 ini,” ujar guru berstatus PNS ini.

Untuk bukti bahwa para siswa mengerjakan tugas-tugas daring berbasis bersih-bersih rumah itu. Para wali murid diwajibkan memfoto kegiatan anak-anaknya dan dikirim melalui Whatsapp setelah pukul 11.00. Dengan tugas sepele namun hasilnya berdampak pada upaya membatu pencegahan penyebaran virus corona ini Ilma berharap murid-muridnya menjadi pribadi yang lebih mandiri dan menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. “Terimakasih sekali kami pada wali murid yang juga cukup mendukung setiap kegiatan ini,” terang Ilma.

Walaupun tugas daring dengan bersih-bersih terlihat cukup sepele. Namun tugas ini juga telah sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (Covid-19) yang ditandatangani Mendikbud Nadiem Anwar Makarim.

Dalam surat edaran  point ke 2 huruf A mengatakan bahwa belajar dari rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan.

Di point 2 huruf b pun menekankan bahwa belajar dari rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19. Sehingga tugas mencuci baju menggunakan deterjen dan menyapu sekitar rumah selain membuat anak mandiri sejak dini,  secara tidak langsung merupakan kecakapan hidup menghadapi pandemi Covid-19. “Semoga tugas ini bisa membentuk karakter yang kuat bagi siswa-siswi kami dalam menghadapi pandemi Covid-19. Semoga kita semua terus diberi kesehatan oleh Tuhan di tengah wabah yang melanda saat ini,” harap Ilma.

Reporter:  Moh. Fikri Zulfikar
Editor: Prasto Wardoyo   

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.