READING

BI Akan Tarik 4 Uang Kertas Ini. Segera Tukarkan.

BI Akan Tarik 4 Uang Kertas Ini. Segera Tukarkan.

KEDIRI- Bank Indonesia (BI) menyatakan akan menarik empat uang pecahan rupiah lawas. Keempat uang kertas itu adalah pecahan Rp 10 ribu Tahun Emisi (TE) 1998 bergambar wajah Tjut Nyak Dien, pecahan Rp 20 ribu (TE 1998) gambar Ki Hadjar Dewantara, pecahan Rp 50 ribu (TE 1999) gambar WR Soepratman, dan pecahan Rp 100 ribu gambar Proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta.

Bagi masyarakat yang masih menyimpan, dihimbau segera menukarkan ke BI. Seperti dilansir dari CNN Indonesia, BI memberikan batas akhir penukaran sampai 30 Desember 2018. “Bank Indonesia membuka layanan penukaran sampai 30 Desember 2018, termasuk layanan khusus pada 29-30 Desember 2018, “tulis siaran pers di halaman resmi BI.

Dengan pertimbangan masa edar uang dan adanya uang emisi baru dengan tekhnologi pengamanan lebih canggih, BI melakukan kebijakan pencabutan dan penarikan uang rupiah. Kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia No 10/33/PBI/2008 itu berlaku rutin.

Hingga akhir tahun 2018 ini kebijakan rutin itu berlaku pada empat uang kertas tersebut diatas.

Secara tekhnis, penukaran uang ini bisa dilakukan di seluruh bank sentral  (BI) di Indonesia. Di wilayah Provinsi Jawa Timur (regional II), Kantor Perwakilan BI terdapat di Surabaya, Malang, Kediri dan Jember. Meski tanggal 30 Desember 2018 masih relatif lama, masyarakat disarankan untuk melakukan jauh hari.

Hal itu untuk mengantisipasi antrian mengular. Apalagi menurut Humas BI Perwakilan DKI Jakarta Rizky Utama, keberadaan Bank Indonesia terbatas, yakni tidak sampai pelosok kecamatan Indonesia. Karenanya penukaran empat uang kertas itu hanya bisa dilakukan di Kantor Pusat BI atau Kantor Perwakilan BI.

Penukaran di bank umum (swasta dan negeri) memiliki batas waktu lima tahun sejak diumumkan. Artinya saat ini sudah tidak berlaku lagi. “Kantor Bank hanya ada satu setiap provinsi atau beberapa kota saja, “kata Rizky.

Dengan ditarik dari pasaran, maka paska batas akhir penukaran, uang dinyatakan tidak berlaku lagi. Keempat uang kertas tidak bisa lagi digunakan sebagai alat transaksi. (*)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.