READING

BI Kediri Siapkan 6,1 Triliun untuk Penukaran Uang

BI Kediri Siapkan 6,1 Triliun untuk Penukaran Uang

KEDIRI – Sudah menjadi tradisi setiap tahun, Lebaran menjadikan kebutuhan uang pecahan meningkat. Di beberapa jalan utama Kota Kediri sudah tampak para penjual jasa penukaran uang. Bagi masyarakat Kediri yang ingin menukarkan uang bisa datang langsung ke Bank Indonesia perwakilan Kediri. Atau BI juga menggelar penukaran uang keliling pada tanggal 18 Mei 2019, mulai pukul 14.00 WIB di SLG (Simpang Lima Gumul), Kabupaten Kediri.

Menurut Musni Hardi Kasuma Atmaja, Kepala perwakilan Bank Indonesia Kediri, BI Kediri sudah mengantisipas lonjakan kebutuhan uang pecahan tersebut dengan menyiapkan Rp 1 triliun.

“Kebutuhan tahun lalu tidak sampai 6,1 T. Tahun ini kami menyiapkan 6,1 T terdiri dari uang baru dan uang lama,” kata Musni kepada wartawan pada saat buka bersama Forum Komunikasi dan Silaturahmi Media KPW Bank Indonesia Kediri,  17/05/2019.

Penukaran uang ini sudah dilayani sejak minggu lalu, tepatnya mulai tanggal 7-28 Mei 2019 di wilayah kerja BI Kediri meliputi Kediri, Tulungagung, Ponorogo, Blitar, Nganjuk, dan Madiun.  BI bekerjasama dengan 69 bank di wilayah kerja BI.  Jadwal penukaran tiap hari Selasa dan Kamis.

Selain penukaran uang, BI juga mengantisipasi terjadinya inflasi pada saat Lebaran. Musni mengimbau kepada masyakat untuk belanja bijak.

“Belanjalah secara bijak sesuai kebutuhan saja. Tidak berlebihan,” imbau Musni. Pun di sisi lain, pedagang diharapkan tidak mengambil kesempatan secara berlebihan dengan cara menaikkan harga yang tak wajar. Hal demikian bisa memicu terjadinya inflasi sehingga nilai uang sangat jatuh yang akan merugikan masyarakat juga.

Silaturahmi yang diikuti 35 media di Kediri, 17/5/2019.
FOTO: JATIMPLUS.ID/Titik Kartitiani
Print Friendly, PDF & Email

Titik Kartitiani

sunset lover, traveler, writer, and fulltime dreamer :)

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.