READING

Bonek dan Warga Surabaya Gotong Royong Bersihkan G...

Bonek dan Warga Surabaya Gotong Royong Bersihkan GBT

SURABAYA – Ribuan bonek dan warga Surabaya bahu-membahu membersihkan Stadion Gelora Bung Tomo. Mereka ingin stadion itu terlihat cantik saat menjadi venue Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Tak hanya bonek, kerja bakti massal ini melibatkan pegawai negeri sipil Pemkot Surabaya, anggota TNI, Polri, dan sejumlah komunitas Surabaya. Sejak pukul 06.00 wib mereka berkumpul di area stadion GBT di Jalan Jawar, Kecamatan Pakal, Surabaya.

Tak sekedar bersih-bersih, mereka juga melakukan pengecatan trotoar dan pemotongan rumput di luar stadion GBT. “Ini adalah agenda rutin tiap Jumat pagi. Untuk hari ini kita pusatkan di area stadion GBT,” kata Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kota Surabaya, Kanti Budiarti, Jumat 8 Nopember 2019.

Namun yang tak biasa dari kegiatan rutin ini adalah keterlibatan bonek yang ikut bersih-bersih. Menurut Kanti, keterlibatan bonek ini berlangsung spontan dan tanpa dikondisikan terlebih dulu. Mereka tergerak membersihkan area GOR yang selama ini menjadi lokasi kebanggaan.

Terlebih lagi stadion GBT ditunjuk menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 tahun 2021. Hal ini menjadi kebanggaan suporter Persebaya dan masyarakat Surabaya karena turut ambil bagian dalam event internasional.

Kerja bakti ini terbagi menjadi tiga titik zona, yakni Surabaya Utara, Surabaya Selatan, dan Surabaya Timur. Mereka dikonsentrasikan untuk membersihkan saluran dan sungai mengantisipasi datangnya musim hujan. “Kami melakukan pengecatan trotoar, penyapuan jalan depan GBT serta pemotongan rumput,” kata Kanti.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, Pemkot Surabaya tetap fokus pada perencanaan pembangunan Stadion GBT untuk menyongsong Piala Dunia U20 2021. Menurutnya, perbaikan itu meliputi akses jalan, tempat duduk di tribun stadion, lampu, dan tiga lapangan pendukung untuk latihan.

 “Tahun 2020 Insyaallah banyak melakukan perbaikan yang salah satunya di sini (GBT) ini. Semuanya akan kita ganti, tempat duduknya kita rubah jadi single seat yang langsung bisa nutup sendiri, seluruhnya kita pasang. Lalu lampunya juga kita tambah seperti yang diharapkan PSSI, sekaligus kita nanti akan membangun tiga lapangan di sekitar situ (GBT) yang juga akan dijadikan tempat latihan,” kata Eri.

Pemkot Surabaya juga telah menganggarkan Rp 80 – miliar untuk perbaikan akses jalan dan kelengkapannya, termasuk Jalan Lintas Luar Barat (JLLB).

Sumber : Humas Pemkot Surabaya
Editor : Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.