READING

Bosan Dengan Rasa Mie Instan, Masak Jadi Seblak Yu...

Bosan Dengan Rasa Mie Instan, Masak Jadi Seblak Yuk

Hampir semua orang sangat menyukai mie instan. Selain mudah dan murah, mie instan memiliki rasa yang “nagih”. Meski demikian, tidak jarang kita diliputi rasa bosan dengan rasa mie instan yang “begitu-begitu” saja. Padahal ada banyak cara memasak mie instan agar memiliki citarasa yang berbeda lho.

Salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi seblak. Makanan khas Bandung ini menjadi sangat mudah dibuat karena dipadu dengan bumbu mie instan yang memiliki aroma dan rasa yang kuat. Berikut beberapa bahan dan cara membuatnya yang dibagikan oleh pemilik youtube channel Mommika Kitchen.

Pertama siapkan satu bungkus mie instan rasa apa saja. Dalam videonya, pemilik channel memilih rasa ayam bawang. Siapkan pula satu butir telur, 5 butir baso, 1 buah sosis, dan sawi hijau sebagai isian seblak. Untuk penambah rasa, siapkan 2 sendok makan kecap manis, 3 sachet sambal botol, garam, gula, dan lada secukupnya. Jangan lupa air untuk membuat kuah seblak sebanyak 250 ml.

Meski menggunakan bumbu mie, kita juga harus menyiapkan bumbu tambahan untuk citarasa khas seblak. Siapkan 3 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 3 buah cabai rawit, dan 3 buah cabai merah keriting. Yang paling penting adalah siapkan kencur secukupnya karena rempah inilah yang wajib ada di menu seblak. Siapkan garam dan minyak goreng secukupnya.

Pertama-tama, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai keriting, dan kencur. Jangan lupa garam secukupnya. Setelah itu, rebus mie dan sawi seperti memasak mie instan seperti biasa. Hanya saja masak setengah matang saja, dan jangan masukkan bumbu dulu. Tiriskan mie dan sawi meski kita menggunakan produk mie kuah. Kuah nantinya menggunakan hasil tumisan.

Sambil menunggu tiris, tumis bumbu halus menggunakan minyak goreng secukupnya. Masukkan telur dan orak arik hingga matang. Tumis juga irisan baso dan sosis hingga matang lalu tuang air sebanyak 250 ml sebagai kuah seblak. Sambil menunggu mendidih, masukkan bahan-bahan penambah rasa seperti kecap manis, saus sambal, garam, gula, dan lada. Jangan lupa untuk memasukkan bumbu mie instan lalu aduk rata.

Jangan lupa untuk cek rasanya apakah sudah sesuai dengan selera. Jika sudah pas, masukkan mie yang sudah direbus bersama dengan sawi. Aduk hingga tercampur rata dan bumbu meresap ke dalam setiap helai mie instan. Tapi jangan terlalu lama agar mie tidak lembek. Seblak kuah mie instan pun siap dinikmati.

Menikmati mie instan dengan variasi seblak ini memiliki banyak manfaat lho. Selain menghilangkan kebosanan, ada banyak bumbu dan bahan lainnya yang dimasukkan ke dalamnya. Mulai dari sosis, baso, telur, hingga sawi. Bahan-bahan tambahan ini bisa memenuhi zat gizi yang tidak ada pada mie instan.

Agar lebih sehat lagi, kita bisa menggunakan bumbu mie sebagian saja dan menutupi kekurangan rasanya dengan bumbu dapur dari racikan sendiri. Dengan demikian, menu mie instan kita menjadi lebih ramah terhadap tubuh dan yang pasti bisa mengobati rasa lapar kita yang datang tiba-tiba.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.