READING

Bosan Dengan Warna Hijau, Yuk Bikin Klepon Dari Ub...

Bosan Dengan Warna Hijau, Yuk Bikin Klepon Dari Ubi Ungu

Klepon merupakan jajanan tradisional yang banyak dijumpai di pasar-pasar. Pada umumnya warnanya hijau dengan isian gula merah di dalamnya. Tidak lupa balutan parutan kelapa yang gurih di bagian luarnya menambah citarasa klepon. Meski “jadul”, klepon cukup diminati semua kalangan dari berbagai rentang usia.

Belakangan ini, klepon ramai diperbincangkan. Masyarakat yang ingin bernostalgia berduyun-duyun mencoba membuat sendiri kudapan sederhana namun nikmat ini. Apalagi sudah ada banyak resep variasi untuk membuat klepon agar tidak bosan dengan tampilan dan rasa yang “itu-itu” saja.

Jika biasanya klepon berwarna hijau, kita bisa mencoba membuat klepon berwarna ungu. Selain tampilannya unik, klepon ini memiliki warna yang alami karena didapatkan langsung dari ubi ungu. Rasanya pun pastinya akan berbeda karena ada sensasi ubi di dalamnya.

Mengutip dari channel CR COOK dengan 1,5 juta subscribers , berikut bahan-bahan yang dibutuhkan. Pertama siapkan bahan untuk taburan pada klepon yakni 150 gram parutan kelapa, sedikit garam dan pandan. Jangan gunakan kelapa yang terlalu muda agar tidak menggumpal saat dibalurkan.  Caranya cukup mudah. Campur garam dan parutan kelapa agar kelapa terasa lebih gurih.

Setelah rata, letakkan daun pandan di atasnya dan kukus selama 10 menit. Tujuan proses kukus ini agar kelapa tidak mudah basi meski klepon tidak langsung dimakan. Setelah dikukus, diamkan sampai dingin.

Sementara itu, siapkan bahan untuk klepon yakni 200 gram ubi ungu, 150 gram tepung ketan, santan hangat secukupnya, seperempat sendok teh garam, satu sendok makan gula pasir, dan gula merah untuk isian.

Pertama-tama, rebus ubi ungu yang sudah dikupas lalu haluskan. Setelah itu, campur dengan tepung ketan dan garam serta gula pasir. Pemakaian gula pasir bisa dilewati jika tidak suka terlalu manis. Campur hingga adonan menjadi rata. Lalu masukkan santan hangat sedikit-demi sedikit sambil adonan diuleni menggunakan tangan. Jumlah santan yang digunakan ini disesuaikan dengan kebutuhan mengingat kadar air dalam ubi bisa berbeda-beda.

Uleni adonan hingga kalis. Ciri-ciri adonan kalis yakni tidak ada tepung yang menempel di tangan. Jika sudah kalis, ambil sejumput adonan lalu bentuk bulat dan pipihkan. Masukkan ke dalamnya gula merah yang sudah disisir halus. Tutup adonan membentuk bola-bola. Usahakan sampai tertutup rapat ya, jangan sampai gula masih terlihat agar saat direbus gula merah tidak bocor.

Setelah membentuk bola-bola, rebus dalam air mendidih. Agar klepon tidak saling menempel, tambahkan sedikit minyak goreng. Tunggu hingga klepon mengambang dan matang. Setelah itu tiriskan. Sebelum disajikan, balur permukaan klepon dengan parutan kelapa yang sudah disiapkan sebelumnya. Klepon pun siap dinikmati bersama secangkir kopi atau teh hangat di sore hari.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.