READING

Bupati Kediri Luncurkan Kampung Tangguh Semeru

Bupati Kediri Luncurkan Kampung Tangguh Semeru

KEDIRI – Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno meluncurkan Kampung Tangguh Semeru di Desa Blawe Kecamatan Purwoasri. Kampung ini memiliki fasilitas dan standar pencegan Covid-19 untuk melindungi warganya.

Peluncuran yang dilakukan Kamis, 18 Juni 2020 ini dihadiri oleh Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono, SIK. MH., Dandim 0809 Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno serta Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kediri H. Sentot Jamaludin.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengatakan keberadaan Kampung Tangguh sangat membantu mempercepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Terkait dengan ruang isolasi, Haryanti menjelaskan ada dua ruang yang bisa dipakai. Ruang pertama untuk warga pendatang, ruang kedua untuk warga yang telah dinyatakan positif Covid-19.

Tempat isolasi untuk yang terkofirmasi positif Covid ini tidak bisa dikunjungi dengan leluasa dan tempatnya terpisah. Selain melakukan pemantauan, petugas pun memberikan obat dan vitamin untuk kesembuhan mereka.

“Seperti kita ketahui, dana desa bisa dialihkan untuk penanganan Covid. Ini bisa untuk menyuplai kebutuhan pasien Covid-19 ketika menjalani isolasi mandiri, termasuk untuk petugas patroli atau petugas jaga desa. Selain itu juga ada program padat karya tunai bagi warga yang tidak lagi bekerja karena dampak dari Covid-19 ini,” kata Haryanti.

Dia memastikan hingga saat ini penanganan Covid-19 di Kabupaten Kediri telah berjalan maksimal. Bahkan seluruh prosesi perawatan hingga pemakaman bagi pasien meninggal berjalan aman dan tanpa gejolak.

Ketua Kampung Tangguh Semeru Desa Blawe, Suyanto mengatakan desanya sudah memenuhi semua aspek dan syarat sebagai Kampung Tangguh Semeru dalam penanganan Covid-19. Meskipun sampai hari ini di desa tersebut belum ada satupun kasus Covid-19, tetapi protokol kesehatan sudah diterapkan.

Selain tempat isolasi, kampung ini juga melengkapi diri dengan dapur umum untuk memenuhi  kebutuhan warga selama masa isolasi. (Advertorial)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.