READING

Calon Wakil Walikota Kediri Bukan Keluarga Mas Abu

Calon Wakil Walikota Kediri Bukan Keluarga Mas Abu

KEDIRI – Partai Amanat Nasional Kota Kediri tengah menggodok calon wakil walikota Kediri yang akan mendampingi Abdullah Abu Bakar. Kursi wawali kosong setelah ditinggal mangkat Lilik Muhibbah.

Ketua Dewan Pengurus Daerah PAN Kota Kediri Abdul Bagi Bafagih mengatakan partainya tengah melakukan penjaringan calon wakil walikota yang akan menggantikan Lilik Muhibbah. Meski menjadi hak partainya, Abdul Bagi melarang keluarganya menduduki posisi itu. “Tidak ada keluarga saya yang ikut mendaftar,” kata Bagi dalam jumpa pers di kantor DPD PAN Kota Kediri, Minggu 19 April 2020.

Penegasan ini sekaligus membantah rumor yang menyebut posisi kekosongan Wakil Walikota Kediri akan diisi keluarganya. Apalagi keponakan Abdul Bagi saat ini masih menjabat Wali Kota Kediri aktif.

Bagi menegaskan saat ini partainya tengah menerima pendaftaran dua kandidat calon wakil walikota, yakni Reza Darmawan dan Agus Mujadi. Reza Darmawan adalah anggota DPRD Kota Kediri dari Fraksi PAN, sedangkan Agus Mujadi adalah fungsionaris PAN. Keduanya disebut memiliki peluang yang sama untuk mengikuti penjaringan.

Disinggung kabar menguatnya Reza Darmawan sebagai calon wakil walikota mendampingi Abdullah Abu Bakar, Abdul Bagi menampiknya. Menurut dia sampai detik ini belum ada keputusan apapun dari DPD PAN untuk menunjuk siapapun menjadi wakil walikota. “Mungkin syahwat politiknya (Reza Darmawan) terlalu besar,” ujar Bagi menanggapi kabar tersebut.

Sebab selain menunggu hasil rapat di internal PAN, ada mekanisme lain yang harus dilakukan untuk mengusung wali walikota, yakni berkomunikasi dengan Partai Nasdem. Mengingat pasangan Abdullah Abu Bakar – Lilik Muhibbah diusung oleh dua partai tersebut. Jika tidak aral, pembicaraan ini akan dilakukan usai lebaran mendatang. Sebab saat ini PAN masih memberi dukungan Walikota dalam menanggulangi Covid-19.

Dikonfirmasi hal itu, Reza Darmawan berharap kepada partainya untuk tak memperlama proses pemilihan wakil walikota. Menurut dia, kondisi pandemi Covid-19 membutuhkan kinerja maksimal dari birokrasi. “Dengan percepatan pengisian (wakil walikota) bisa segera mengikuti kinerja walikota,” kata Reza. (Hari Tri Wasono)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.