READING

Camilan Takjil Antimainstream yang Enak dan Mudah ...

Camilan Takjil Antimainstream yang Enak dan Mudah Dibuat

Momentum berbuka puasa selalu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa. Apalagi jika ada banyak jenis makanan yang telah tersuguh di atas meja. Membuat kita tidak sabar menunggu bedug ditabuh dan adzan dikumandangkan.

Tidak melulu kolak, atau gorengan saja lho guys. Ada banyak variasi menu takjil simpel yang mudah dibuat untuk dinikmati selama sebulan ke depan. Berikut dua menu takjil yang layak untuk dicoba.

Strawberry Dessert Cup

Menu ini adalah camilan yang bisa menjadi salah satu alternatif takjil. Bahan-bahan yang digunakan adalah roti tawar secukupnya atau sekitar enam lembar, buah strawberry yang dicincang kasar, dan keju cheddar. Buah strawberry bisa diganti buah lainnya seperti mangga, alpukat, atau buah pisang.

Untuk bahan fla-nya, siapkan tiga sendok makan tepung maizena, 600 ml susu cair (bisa diganti dengan santan), dua sendok makan gula pasir, satu sendok teh vanili cair, dua sachet susu kental manis putih, dan lima sendok makan mentega.

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama siapkan flanya. Caranya yakni campur semua bahan fla dan aduk hingga rata dan tidak ada bahan yang menggumpal. Kemudian panaskan campuran bahan fla di atas kompor dengan api kecil. Masukkan mentega, dan aduk adonan perlahan dan terus menerus agar adonan tidak menggumpal. Matikan kompor jika adonan telah mengental.

Lalu siapkan gelas bening atau cup yang akan digunakan untuk penyajian. Masukkan roti tawar yang telah dipotong dadu ke dalam dasar gelas. Lapisi atasnya dengan fla yang tadi telah dimasak. Lalu masukkan irisan buah secukupnya. Lakukan tahap ini secara bergantian hingga gelas terisi penuh.

Di lapisan paling atas, taruh serutan keju cheddar dan satu potongan buah yang berukuran lebih besar sebagai topping. Menu ini lebih mantap untuk disantap dalam kondisi dingin namun tidak beku. Jadi simpan di lemari pendingin selama 30 menit sebelum dinikmati.

Pudding Oreo Milo

Menu ini juga sangat sederhana dan mudah dibuat. Untuk rasanya, jangan ditanya. Sangat enak dan cocok dijadikan sebagai variasi takjil sehat karena disajikan dan dibuat sendiri di rumah.

Pertama siapkan dua bungkus agar-agar yang plain atau tawar, 800 ml susu cair, dan delapan sendok makan gula. Siapkan pula satu bungkus oreo rasa original (bisa varian lain sesuai selera), enam bungkus milo bubuk, dan 700 ml air.

Untuk membuatnya kita perlu melakukannya dalam dua tahap. Pertama buat lapisan pudding oreonya. Masukkan 800 ml susu cair ke dalam panci. Masukkan 2-3 sendok makan gula, dan satu bungkus agar-agar tanpa rasa. Terakhir, masukkan remahan oreo yang sudah dihancurkan. Masak adonan di atas api kecil hingga sedikit mendidih. Lalu tuang ke dalam Loyang. Diamkan.

Tahap kedua, masak pudding milonya. Caranya hampir sama seperti tahap sebelumnya. Pertama masukkan 700 ml air dan campur dengan satu bungkus agar-agar tanpa rasa dan enam bungkus susu milo bubuk. Jangan lupa masukkan lima sendok teh gula pasir. Panaskan dan aduk rata hingga mendidih.

Masukkan larutan pudding milo di atas pudding oreo sebelumnya. Lakukan secara hati-hati dan sedikit demi sedikit agar tidak tembus ke lapisan bawahnya. Setelah tertuang semua, diamkan hingga mengeras. Puding dua lapis pun siap dinikmati.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.