READING

Cara Menghindari Jerawat Bagi Pengguna Masker Kain

Cara Menghindari Jerawat Bagi Pengguna Masker Kain

Penggunaan masker wajah terlalu lama ternyata bisa menimbulkan permasalahan lain. Paling banyak adalah masalah jerawat. Apalagi untuk penderita kulit sensitif. Padahal penggunaan masker wajib dalam segala aktivitas di tengah wabah COVID-19.

Menurut dr. Ellen Marmur, seorang dermatologis asal New York ada beberapa faktor penyebabnya. Dikutip dari Bustle, salah satunya adalah tekstur kain masker yang kasar sehingga mengiritasi kulit wajah. Tidak hanya itu, masker juga membuat permukaan wajah lebih lembab ketika sedang berada di lingkungan yang panas. Produksi keringat yang berlebih tidak bisa mengering dengan sempurna karena kulit wajah tertutup masker.

“Masker yang dapat dicuci berkali-kali juga dapat meninggalkan residu dari deterjen sehingga dapat menyebabkan jerawat,” terangnya. Untuk mengurangi potensi terjadinya jerawat pada wajah, berikut beberapa tips dalam menggunakan masker selama masa pandemi corona.

Pilih bahan masker yang tepat

Sesuai dengan penjelasan dr. Ellen, bahan masker yang kasar justru bisa melukai kulit wajah yang sensitif. Untuk itu, gunakan kain yang bertekstur lembut dan mudah menyerap keringat. Bahan yang terbaik adalah kain katun.

Ganti masker secara teratur

Menurut dr. Reisa Broto Asmoro, juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, penggunaan masker disarankan maksimal hanya 4 jam saja. Setelah itu sebaiknya ganti masker dengan yang baru. Apalagi jika kita beraktivitas di luar ruangan. Masker menjadi lebih cepat lembab akibat keringat dan polusi sekitar.

Makanya bawa banyak masker untuk digunakan dalam sehari. Jangan lupa untuk membawa tempat untuk menyimpan masker bekas pakai agar tidak tercampur dengan masker yang bersih. Untuk membersihkan masker kain, gunakan deterjen dengan bahan alami dan anti bakteri.

Rajin membersihkan wajah

Selama menggunakan masker, bebaskan kulit wajah kita dari berbagai polesan make up. Toh tidak banyak bagian wajah yang terlihat sehingga kita tidak perlu menggunakan banyak kosmetik. Cukup gunakan skin care basic yang diperlukan seperti sunblock atau sunscreen. Setiap ada kesempatan mengakses air bersih, tidak ada salahnya untuk membasuh wajah. Selain menyegarkan, bilasan air bisa mengurangi kelembaban yang berpotensi menimbulkan jerawat.

Merawat kesehatan kulit

Poin ini jelas wajib dilakukan meski tidak sedang wabah. Kesehatan kulit terutama wajah perlu dijaga karena paling rentan mengalami kerusakan akibat polusi dan paparan sinar UV berlebih. Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam merawat kulit wajah. Seperti melakukan perawatan dengan masker wajah berbahan alami, melakukan scrubbing secara berkala, hingga menggunakan produk skin care lainnya sesuai kebutuhan dan jenis kulit.

Jika muncul jerawat, jangan dipencet. Cukup olesi dengan obat jerawat untuk mengurangi radang dan jerawat lebih cepat mongering. Hindari makanan pemicu jerawat, dan jaga pikiran agar tidak stress.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.