READING

Cara Mudah Bedakan Madu Asli Dan Palsu

Cara Mudah Bedakan Madu Asli Dan Palsu

Demi terhindar dari serangan virus dan penyakit, masyarakat semakin memperhatikan kesehatan tubuh. Tidak hanya dengan rajin berolahraga, mereka juga menyeleksi makanan yang masuk. Orang tidak lagi fokus pada makanan pokok yang bergizi saja. Mereka juga memburu berbagai suplemen tambahan demi meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi madu.

Madu menjadi makanan tambahan yang paling diburu. Selain alami, madu juga dikenal kaya akan kandungan zat anti-bakteri yang efektif membantu penyembuhan luka dan bersifat antiperadangan. Madu juga dapat mengobati batuk, pilek, hingga infeksi saluran pernafasan bagian atas,.

Karakteristik madu berbeda-beda. Tergantung dari sari bunga yang diisap lebah dan cuaca saat panen. Makanya warna dan tekstur madu berbeda-beda. Mengingat lama dan sulitnya pemrosesan madu alami, harga madu menjadi mahal. Beberapa produsen memilih mencampur madu alami dengan bahan-bahan tambahan agar madu menjadi lebih banyak dan dapat memenuhi permintaan pasar. Selain itu harga madu menjadi lebih “miring” sehingga dapat menarik minat calon pembeli.

Kualitas madu tidak serta merta bisa tercermin dari harganya yang mahal. Ada beberapa produsen nakal yang justru menjual madu palsu dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan madu asli. Alih-alih menjadi sehat, pengonsumsi madu palsu justru bisa terjangkit penyakit seperti diabetes, jantung, hingga obesitas. Makanya diperlukan kewaspadaan dari konsumen sendiri untuk bisa mengenali madu asli dan palsu.

Oleh penjual nakal, komposisi madu palsu dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan tekstur yang sama persis dengan madu asli. Bahan yang biasa digunakan seperti larutan gula, asam sitrat, hingga air kapuk demi mendapatkan efek busa pada madu. Berikut beberapa trik membedakan madu asli dan palsu dikutip dari sehatq.com.

Dipanaskan di atas lilin

Pertama tuangkan madu ke sendok lalu panaskan di atas nyala lilin. Tunggu hingga madu berubah warna dan berbusa. Setelah itu jauhkan sendok dari api dan tunggu sampai dingin. Madu yang asli akan kembali pada tekstur awal sebelum dipanaskan. Jika permukaan madu ditarik dengan lidi, madu tidak akan membentuk benang yang mengeras. Sedangkan madu palsu membentuk serat menyerupai benang diujung permukaan yang dicolek lidi.

Teteskan di kertas koran

Cara ini cukup mudah. Teteskan madu secukupnya di atas kertas koran. Bila madu melebar ke permukaan koran dan merembes bahkan hingga jatuh ke lantai maka madu tersebut dipastikan palsu. Madu asli tidak akan merembes dan tidak melebar dari titik tetes awal madu.

Tuangkan ke dalam air hangat

Siapkan air hangat di dalam gelas bening lalu masukkan madu ke dalamnya. Tunggu sebentar dan amati. Jika madu tidak larut dan air tetap jernih maka madu tersebut asli. Namun jika madu larut dalam air dan menjadi keruh maka madu tersebut palsu. Hal ini dikarenakan bahan baku madu palsu yang sebenarnya gula, mudah larut dalam air hangat meskipun tidak diaduk.

Disiram air putih

Tuangkan madu secukupnya ke atas piring datar. Lalu siram menggunakan air putih. Goyangkan piring sehingga air dan madu bergerak. Meski berpindah tempat, madu asli tidak menyatu dengan air dan membentuk seperti sarang lebah. Sedangkan madu palsu lebih mudah berpencar bahkan bercampur dengan air.

Aroma

Madu asli biasanya masih membawa aroma dari tempat nektar (sari bunga) berasal seperti aroma bunga rambutan, kapuk, kelengkeng, hingga akasia. Sedangkan madu palsu tidak beraroma.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.