READING

Cara Mudah Membuat Face Shield Menggunakan Mika Ji...

Cara Mudah Membuat Face Shield Menggunakan Mika Jilid

Saat ini kita sudah memasuki era new normal. Aktivitas masyarakat semakin diperlonggar. Namun jangan salah, kita tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yakni dengan memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. Di waktu-waktu tertentu kita juga membutuhkan face shield agar upaya pencegahan penularan menjadi lebih efektif lagi.

Biasanya face shield ini dibutuhkan ketika bekerja di bagian pelayanan publik atau saat harus menghadiri pertemuan penting. Face shield sendiri sudah banyak dijual secara online. Meski demikian, kita tetap bisa membuatnya sendiri lho. Selain mudah, face shield bisa disesuaikan dengan warna, dan tingkat kenyamanan kita. Dan yang pasti lebih murah karena bahan-bahannya mudah sekali didapatkan.

Pemilik akun youtube Megacreations berbagi tutorial membuat face shield secara do it yourself (DIY). Caranya cukup mudah. Pertama siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan yakni lembaran mika selebar kertas HVS, gunting, double tip, busa ati selebar 3 cm, dan tali karet. Bahan-bahan ini bisa kita dapatkan di toko buku, tempat fotokopian atau bisa dibeli secara online. Kecuali untuk tali karetnya bisa kita dapatkan di toko perlengkapan menjahit. Biasanya tali ini digunakan untuk dasi.

Cara membuatnya pertama, gunting dua sudut mika menjadi lebih tumpul. Dua sudut ini nantinya diletakkan di sisi bawah atau dekat dengan leher. Sudut mika dibuat lebih melengkung agar nyaman dan tidak mengganggu serta tidak menusuk bahu saat wajah menengok.

Lalu rekatkan double tip di sisi atas, tarik hingga selebar mika. Timpa double tip tersebut dengan busa ati hingga seluruh permukaan double tip tertutup sempurna. Karena busa ati yang digunakan sedikit tipis, lakukan hal yang sama di sisi baliknya. Rentangan busa ati ini nantinya untuk ditempatkan di bagian dahi.

Lubangi ujung dari masing-masing busa ati dengan menggunakan gunting. Lubang ini nantinya digunakan untuk mengikat tali karet. Langkah terakhir, pasang tali memanjang di dua lubang tadi. Panjangnya sesuaikan dengan besarnya kepala masing-masing. Jika ingin tampilan yang lebih rapi, kita bisa menutupi bagian ikatan tali dengan tempelan busa ati atau menambah lapisan busa ati di sisi dahi agar lebih tebal dan nyaman saat digunakan.

Lakukan sesuai dengan tingkat kenyamanan masing-masing ya. Gadis berkerudung yang memperagakan proses pembuatan face shield ini pun melakukan simulasi terhadap tingkat efektifitas dari barang yang dibuatnya. Dia menyemprotkan parfum di depan wajahnya sebagai perumpamaan ketika ada percikap droplets dari seseorang yang sedang berbicara, bersin, atau batuk.

Hasilnya, cairan parfum terhalang secara sempurna di face shield yang digunakannya. Hal ini terlihat dari cairan yang menetes di permukaan mika. Lebar mika yang digunakan benar-benar menempel dari telinga kanan hingga telinga kirinya. Sedangkan bagian bawah tertutup oleh masker. Sehingga tidak ada celah droplets sampai ke wajah.

Memang penggunaan face shield dirasa tidak nyaman oleh sebagian orang. Karena wajah menjadi lebih mudah berkeringat dan lembab karena udara yang melintas di sekitar wajah lebih sedikit. Meski demikian, sebaiknya hal ini kita lakukan jika sedang berada di kerumunan yang terlampau padat dan saat berdiam diri di tempat ramai dalam jangka waktu yang lama.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.