READING

Cegah Obesitas Dengan Lakukan Hal Ini Selama Di Ru...

Cegah Obesitas Dengan Lakukan Hal Ini Selama Di Rumah

Selama pandemi corona, banyak orang memilih untuk lebih banyak di rumah. Kondisi ini membuat potensi gerak tubuh semakin rendah. Bayang-bayang tubuh yang menggemuk pun semakin besar. Hal ini jelas tidak baik untuk kesehatan tubuh maupun mental. Apalagi ditengah teror virus yang masih belum juga melandai.

Fenomena ini disampaikan oleh Pradeep Joshi. Ahli bedah gastroenterology di India ini mengatakan lockdown terbukti meningkatkan insiden obesitas di seluruh dunia. Beberapa penyakit penyerta pun ikut mengiringi seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit kardiovaskuler. Padahal penyakit-penyakit ini diketahui ikut meningkatkan angka kematian karena menjadi komorbid covid=19.

“Banyak penelitian dari barat telah menunjukkan obesitas sebagai faktor risiko penting untuk kematian covid-19,” terangnya dikutip dari Indian Express (04/07).

Makanya menurutnya, sangat penting untuk mengenali tanda-tanda awal obesitas agar dapat dicegah sebelum terlambat. Caranya dengan mengadopsi pola hidup sehat, mengubah kebiasaan makan, dan meningkatkan aktivitas fisik meski berada di dalam ruangan. Berikut beberapa saran dari pakar untuk mencegah obesitas.

Diet seimbang

Hal ini menjadi poin penting dalam mengendalikan berat badan. Meski godaan untuk selalu ngemil ketika berada di rumah, konsumsi makanan harus dikendalikan dengan baik. Lakukan pengaturan jam makan, jenis, dan jumlah makanan yang boleh dikonsumsi. Komitmen dan disiplin dalam melakukannya menjadi kunci suksesnya program diet ini.

Perbanyak konsumsi biji-bijian utuh, buah dan sayur, serta kacang-kacangan. Kurangi makanan yang digoreng, makanan cepat saji, dan minuman soda. Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang seperti protein harian, mineral, vitamin, dan elemen penting lainnya. Jangan lupa mengonsumsi makanan mengandung antioksidan tinggi.

Cukup minum

Minum menjadi kebutuhan mutlak setiap tubuh manusia. Penuhi asupannya setidaknya 2 liter air putih per hari. Batasi konsumsi minuman yang mengandung gula, kopi, dan teh. Dan hindari konsumsi alkohol dan merokok karena jelas tidak baik untuk kesehatan.

Tetap aktif

Meski sering berdiam diri di dalam rumah, tidak ada salahnya untuk tetap menjaga tubuh selalu aktif bergerak. Ada banyak jenis aktivitas yang bisa dilakukan. Mulai dari pekerjaan rumah harian, hingga kegiatan khusus olarhraga indoor seperti senam zumba, aerobik, atau menari. Lakukan setidaknya 30 menit setiap hari.

Yoga dan meditasi

Mungkin Anda tidak sadar, selama masa wabah ini tubuh menjadi lebih rentan stress, mudah marah, gelisah, dan pikiran yang seringkali overthingking. Pasalnya ada banyak hal tidak mengenakkan yang sedang terjadi. Mulai dari banyaknya kematian, PHK, pengangguran, dan pikiran menjadi bosan karena tidak bisa kemana-mana.

Untuk itu, Yoga dan meditasi ini juga perlu dilakukan sesekali. Hal ini untuk menyeimbangkan kesehatan mental dan batin. Anda bisa mengikuti tutorial gerakan-gerakan yoga atau kelas meditasi secara online. Dengan kondisi fisik dan pikiran yang segar dan tenang terbukti bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.