READING

Cegah Virus Corona, Ini Beberapa Barang Yang Palin...

Cegah Virus Corona, Ini Beberapa Barang Yang Paling Diburu Pembeli

Per hari ini Senin (02/03), Presiden Jokowi menyatakan secara resmi ada dua warga negara Indonesia yang positif terjangkit virus corona. Keduanya diketahui ibu dan anak yang merupakan warga Kota Depok. Sang anak yang terpapar virus pertama kali mengaku tertular oleh warga negara Jepang dalam sebuah pesta dansa di klub Paloma saat valentine 14 Februari lalu.

Dua WNI yang positif terjangkit virus corona inipun langsung dilakukan penindakan medis di RSPI Sulianti Saroso Jakarta. Hal ini pun membuat warga Depok dan sekitarnya semakin berhati-hati.  Salah satunya ditandai dengan sejumlah warga yang terlihat melakukan panic buying.

Sejumlah barang-barang pun menjadi incaran banyak orang. Berikut beberapa barang yang dicari-cari oleh masyarakat sebagai persiapan menghadapi COVID-19.

  • Masker Wajah

Masker wajah ini sudah menjadi barang langka sejak awal tahun lalu. Bahkan saat ini diketahui harga masker jenis surgery mask ini kini mengalami kenaikan harga 7-10 kali lipat dari harga aslinya. Di sejumlah apotek sudah banyak yang mengalami kekosongan. Sedangkan di toko online bahkan menjualnya dengan harga di atas Rp 400 ribu per boks.

Namun masyarakat tidak usah khawatir. Karena kita sebenarnya bisa membuat sendiri masker dengan tingkat keamanan yang hampir sama. Caranya bisa disimak di https://jatimplus.id/masker-mahal-ikuti-trik-membuat-masker-n95-ala-dr-chen/.

Sediakan masker lebih dari satu agar bisa dibuat bergantian. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dengan menyimpan masker kotor secara terpisah dan tertutup rapat serta mencuci masker setiap harinya. Bahkan jika memiliki aktivitas di luar ruangan dengan keramaian cukup tinggi, kita bisa mengganti masker beberapa kali sehari sesuai dengan kebutuhan.

  • Hand sanitizer

Beberapa warga net juga sudah mulai melakukan pembelian dan review produk hand sanitizer. Produk ini memang diperlukan untuk melakukan sterilisasi tangan secara berkala. Biasanya hand sanitizer ini dipakai ketika kita akan memakan camilan atau setelah bepergian.

Hand sanitizer sendiri dipercaya bisa mematikan mensterilkan tangan yang penuh kuman karena mengandung alcohol hingga 70 persen. Memang produk ini diperlukan. Namun alangkah lebih baik jika kita lebih sering membiasakan diri mencuci tangan secara sempurna menggunakan sabun.

  • Tissue basah

Jika hand sanitizer digunakan untuk tangan, fungsi tissue basah adalah untuk membersihkan barang-barang yang akan kita gunakan. Salah satu contohnya adalah untuk membersihkan ponsel, perangkat komputer umum di perpustakaan atau kantor, atau untuk barang-barang milik pribadi yang sebelumnya dipinjam banyak orang. Tissue basah juga bisa digunakan untuk membersihkan wajah atau tangan yang dirasa kotor setelah bepergian.

  • Minuman Herbal

Menurut penelitian para ahli, Covid-19 hanya akan menyerang tubuh yang memiliki imunitas rendah. Makanya beberapa minuman herbal seperti jamu-jamuan dipercaya bisa menangkal virus ini karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Beberapa produk minuman herbal pun laris manis di pasaran. Namun beruntung hingga saat ini harganya masih relatif terjangkau dan tidak mengalami kenaikan yang drastis seperti barang-barang kebutuhan lainnya.

Masyarakat juga tidak perlu mengonsumsi minuman herbal kemasan secara terus menerus karena bisa menggantinya dengan mengonsumsi minuman herbal buatan sendiri. Seperti wedang jahe, dan berbagai jenis jamu-jamuan yang diolah sendiri sesuai dengan selera.

  • Thermal Scanner atau thermometer

Memang tidak semua orang mencari alat ini. Namun semenjak adanya virus corona, penjualan alat mengukur suhu tubuh ini cukup diminati masyarakat untuk mendeteksi dini gejala terjangkit virus. Harganya pun relatif lebih mahal yakni mulai dari Rp 50 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Penulis : Dina Rosyidha
Editor: Prasto Wardoyo

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.