READING

Dari Coba coba Tahu Susu Kediri Kini Menyebar Sean...

Dari Coba coba Tahu Susu Kediri Kini Menyebar Seantero Pulau Jawa

KEDIRI- Tahu susu yang dibuat Ninis Dining Tyas berawal dari coba coba. Diluar dugaan inovasi itu banyak yang meminati. Tidak hanya di wilayah eks karsidenan Kediri. Pelanggan tahu bermerek Tahu Susu Ainna itu kini sudah menyebar seantero pulau Jawa.

“Saya sudah punya pelanggan di area Jabodetabek jadi sering kirim ke sana. Jawa Tengah juga. Tidak hanya lokalan saja,” terang Ninis Dining Tyas, pemilik Tahu Susu Ainna kepada Jatimplus.ID.

Ninis baru setahun memulai usaha tahu susu. Ia melihat banyaknya peminat tahu yang awalnya khas Lembang, Bandung itu sebagai peluang yang bagus. Hanya didampingi sang ibu, Ninis yang berusia 31 tahun itu mulai menjajal di rumah orang tuanya di Wates, Kabupaten Kediri.

Ia yakin, pasar akan menyukai tahu susu buatan pertamannya, dan keyakinan itu tidak meleset. Lingkungan terdekat yang menjadi sasaran pertamanya langsung menerima, dengan testimoni tahu susunya lumer dan lezat.  

“Termasuk berjualan di car free day sekalian promosi,” tambahnya saat ditemui di rumahnya di Jalan Sriwijaya, Kelurahan Jagalan, Kota Kediri. Seiring berjalannya waktu, tahu susu buatan Ninis semakin dikenal.

Di Kediri tahu susu bukan produk baru. Cukup banyak pedagang yang menjajakan. Namun rata rata mereka mendatangkan dari luar kota. Selain itu secara kualitas tidak bisa melampaui mutu tahu susu Ainna.

“Kediri kan memang dikenal tahunya yang enak ya. Jadi sejak produk dasarnya saja, Ainna sudah unggul, ”terangnya.

Tahu susu buatan Ninis hanya menggunakan ramuan bawang putih dan garam. Tidak seperti tahu susu asal Lembang yang memang melibatkan unsur susu dalam proses pembuatan. Kendati demikian Ninis mampu membuat tahu susu buatanya bertekstur selembut susu.   

Untuk ukuran, ibu satu anak itu membuatnya ke bentuk potongan-potongan kecil agar lebih praktis dan ekonomis. Perbedaan lain dengan tahu Sumedang, saat digoreng, bagian dalam tahu buatan Ninis yang seputih susu itu tetap penuh. Tidak seperti tahu Sumedang yang kosong.

“Itulah mengapa tahu saya disebut tahu susu, ”tandasnya. Bagaimana caranya membuat tekstur tahu bisa selembut susu?.  Resepnya, kata Ninis merendam tahu ke dalam larutan garam dan bawang putih selama 12 jam. Perendaman itu membuat air banyak meresap dan menjadikannya lebih lembut dibanding tahu pada umumnya.

Agar teksturnya lebih padat dan tidak mudah rusak, ia juga menyarankan penyimpanan tahu ke dalam kulkas. Kendati demikian karena alasan masa simpan yang terbatas, penyimpanan itu diharapkan tidak terlalu lama. Untuk antisipasi tidak mudah basi, Ninis memperlakukan tahu susunya ke dalam bungkus yang rapat.

“Tidak mengandung pengawet. Jadi kalau di suhu ruang bisa tahan selama dua hari. Kalau di kulkas bisa tahan sampai seminggu lebih, ”katanya membocorkan rahasia.

Selain tidak mengandung MSG, tahu susu buatan Ninis juga gurih. Karenanya sebelum digoreng, konsumen tidak perlu menambahi bumbu.

Menurut Ninis, untuk pembuatan tahu susu itu diriya menggunakan kedelai pilihan. Hal itu yang membuat sekali mencicipi, konsumen dijamin akan kembali. Di Kota Kediri, tahu susu buatan Ninis juga banyakdijumpai di rumah makan dan hotel.

“Ada juga pelanggan saya dari Surabaya mengirim produk olahan tahu susu Ainna ke Banjarmasin. Tidak apa-apa saya senang produk saya sudah kemana-mana. Saya fokus saja di produksi dulu, ”tambahnya.

Lalu berapa harganya?. Ninis mengatakan mematok harga jual Rp 3000 hingga Rp 3.500 per pack (isi 10 potong kecil tahu). Khusus reseller Ninis memberi harga lebih murah dengan jumlah pemesanan minimal. Secara kuantitas  jumlah permintaan tahu susu Ainna fluktuatif. 

Semisal akhir bulan Ninis memproduksi tahu susu sebanyak 500 bungkus setiap hari. Jika sedang ramai, permintaan bisa mencapai 1.500 bungkus per hari. “Tergantung kondisi ya. Kalau weekend atau musim liburan biasanya permintaan lebih banyak, “pungkasnya.

Reporter : Dina Rosyidha
Editor : Mas Garendi

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.