READING

Di Makam BK, Barisan Emak emak “Keroyok” Sandiaga...

Di Makam BK, Barisan Emak emak “Keroyok” Sandiaga

Belum juga mobil Sport Utility Vehicle (SUV) itu terparkir sempurna, para emak emak sudah ribut berteriak kegirangan. Histeria. Semuanya langsung bergegas, berdesak desakan, berusaha menggapai posisi paling dekat pintu mobil.

BLITAR- Sembari melambai lambaikan tangan, dari balik kaca pintu yang anjlok separuh itu, Sandiaga Salahudin Uno terlihat tersenyum lebar. Begitu tahu cawapres muda itu beranjak dari kursi mobil, “keributan” golongan emak emak itu pun semakin menjadi jadi.

“Boleh. Boleh. Ayo foto, “tuturnya mengabulkan permintaan foto bareng. Selain sekumpulan perempuan, yakni ibu ibu muda dan beberapa paruh baya, juga ada bapak bapak dan para pemuda. Semua dilayani, tanpa kecuali.

Sore itu Sandiaga mengunjungi makam Proklamator RI Soekarno di Kota Blitar. Kunjungannya ini merupakan yang pertama kali.

Seperti biasa, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengenakan kemeja biru langit dengan logo S di saku kanan. Kali ini dipadu celana krem serta sepasang sneaker kombinasi hitam putih. Sebuah peci hitam tak lupa dia kenakan.

Selesai melayani “sesi foto”, Sandiaga yang diiringi anggota DPR RI Partai Gerindra dari Dapil 6 (Blitar, Kediri dan Tulungagung) Endro Ermono langsung bergegas menuju lokasi makam Bung Karno (BK).

Sederet kader Gerindra dengan seragam safari warna cokelat muda berderet menyambutnya. Satu persatu disalami Sandiaga. Sementara sambil berjalan, Endro Ermono terdengar tak henti henti bercerita seputar makam BK.

Di depan pusara Presiden pertama RI itu, Sandiaga langsung bersimpuh. Tanpa menunggu waktu lama, juru kunci makam langsung memimpin doa bersama. Sekitar 10 menit, Sandiaga komat kamit ikut membaca doa tahlil.

Ziarah ditutup dengan menabur bunga ke permukaan pusara BK. Bunga juga ditaburkan ke pusara orang tua BK. “Mendoakan Presiden Pertama Republik Indonesia agar dilapangkan kuburnya, diterima disisi Allah SWT, “tutur Sandiaga.

Sebagai proklamator sekaligus penyambung lidah rakyat Indonesia, Sandiaga menyebut BK inspirator sekaligus motivator, yakni terutama bagi generasi muda.

Pengusaha super kaya itu berharap semua itu bisa membangkitkan semangat optimisme bahwa Indonesia ke depan akan lebih baik. “Indonesia yang lebih adil dan makmur, “katanya.

Sandiaga juga mengatakan alasan kehadiranya di Blitar dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat. Baginya Blitar adalah salah satu daerah yang memiliki potensi besar, yakni terutama peternakan ayam petelur.

Dengan bertemu masyarakat Blitar dirinya menawarkan pengelolaan ekonomi yang lebih berpihak pada UKM. Dia juga menawarkan solusi yang kerap menjadi permasalahan ekonomi kerakyatan, termasuk didalamnya persoalan kebutuhan pokok sehari hari serta terbukanya lapangan kerja.

“Menjadikan ekonomi 2019 lebih baik, “jelasnya. Baru saja hendak meninggalkan lokasi makam BK, serombongan emak emak kembali “mengeroyoknya”. Sama dengan emak emak yang lain. Semuanya meminta Sandiaga melayani foto bersama.

Usai bertemu para peternak ayam, rombongan Sandiaga langsung meluncur ke Kabupaten Tulungagung. Pagi hari, politisi yang sempat menyebut tempe setipis kartu ATM itu rencananya  akan mengajak masyarakat bergoyang zumba. (*)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.