READING

Di Makam Bung Karno, PDIP Klaim Kemenangan Jokowi

Di Makam Bung Karno, PDIP Klaim Kemenangan Jokowi

BLITAR – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto mengklaim kemenangan pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin dalam pilpres mendatang. Hasto juga telah merancang konsep rekonsiliasi nasional usai pelantikan Jokowi menjadi presiden mendatang.

Kepercayaan diri Hasto ini didasarkan pada sejumlah hasil survei yang memberikan preferensi kemenangan pada Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Mereka juga memberi disparitas perolehan suara yang cukup tinggi untuk pasangan nomor urut 01. “Dulu selisih lima persen pada tahun 2014. Dengan selisih 13,6 persen, Insyallah meninggalkan Pak Prabowo dan Pak Sandhi,” kata Hasto usai mendampingi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri ziarah di makam Bung Karno, Rabu 20 Maret 2019.

Di Jawa Timur, tim kemenangan nasional Jokowi – Ma’ruf juga menargetkan perolehan suara di atas 70 persen untuk pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin. Demikian pula perolehan di luar Jawa seperti Lampung dan Sumatera Utara yang menjadi lumbung pasangan nomor urut 01.

baca juga: Driver Online, Mitra Atau Buruh

Investasi politik Jokowi di kawasan Indonesia timur juga diklaim sangat besar oleh Hasto. Pertumbuhan kawasan yang masif selama kepemimpinan Jokowi menjadi alasan masyarakat menjatuhkan pilihan pada Jokowi – Ma’ruf Amin. “Hampir seluruh wilayah Indonesia memberi dukungan Pak Jokowi,” kata Hasto.

Tak sekedar optimis, Hasto Kristiyanto bahkan telah menyusun rencana kerja pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin usai dilantik kelak. Keduanya diminta melakukan rekonsiliasi nasional mengingat tingginya gesekan antar dua kelompok dalam pemilihan presiden. Apalagi beberapa orang telah menggunakan isu agama sebagai bahan pertarungan kampanye.

Dia juga memastikan jika penangkapan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy tak akan berdampak apapun pada kinerja tim kampanye nasional Jokowi – Ma’ruf. Bahkan hal itu menjadi bukti keseriusan pemerintahan Joko Widodo terhadap upaya penegakkan hukum.

baca juga: Jasad Kiai Anwar Utuh Setelah 31 Tahun

Di Blitar, tepatnya di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Hasto Kristiyanto mengantar Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri berziarah. Aktivitas ziarah ini telah menjadi rutinitas Megawati saat menghadapi momen penting.

Menurut Hasto, Megawati selalu mendatangi dan berdoa di pusara ayahnya menjelang pelaksanaan pemilihan umum dan presiden. Seperti yang dilakukan hari ini di makam Bung Karno.

Megawati yang datang didampingi sejumlah pengurus pusat partai hingga daerah langsung menuju pusara Bung Karno. Selain Hasto Kristiyanto, tampak pula Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah. Megawati pergi meninggalkan lokasi makam tanpa memberi pernyataan apapun kepada media.

baca juga: Akhir Jembatan Brantas Setelah 150 Tahun Beroperasi

Litbang Kompas merilis survei elektabilitas pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin dan Prabowo – Sandiaga. Hasilnya, pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin meraih keunggulan selisih suara sebesar 11,8 persen atas pasangan Prabowo – Sandiaga. Joko Widodo – Ma’ruf Amin meraup 49,2 persen, sedangkan Prabowo – Sandiaga di angka 37,4 persen.

Survei ini melibatkan 2.000 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia. Margin of error survei ini plus-minus 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (*)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.