READING

Di Mata Perupa, Budaya Panji Adalah Spirit Manusia...

Di Mata Perupa, Budaya Panji Adalah Spirit Manusia Nusantara

KEDIRI- Cerita Panji bukan sekedar kidung yang diukir di atas lembaran lontar di abad 14. Juga bukan sekedar narasi untuk menjelaskan relief perjalanan tokoh bertopi melingkar mirip helm (tekes) yang terpahat pada dinding candi kuno Budha Siwa di Jawa Timur.

Bagi sejumlah perupa peserta Pameran Besar Seni Rupa (PBSR) se Jawa Madura 2018, Panji merupakan spirit hidup manusia nusantara. Di dalam Panji tersimpan nilai perjuangan, kepahlawanan, kebajikan, ketabahan, budaya  kejujuran, sekaligus optimisme.

“Pernah nonton film 300?”. Film yang mengisahkan pertempuran 300 orang prajurit Sparta (Yunani) melawan 300 ribu pasukan Persia (Sekarang Iran).

Untuk merebut  kemenangan, sebuah akal, taktik dan spirit perjuangan, disatukan. Yang ada hanya perjuangan sampai titik darah penghabisan. Struggle yang tak mengenal diksi menyerah.

“Kurang lebih begitulah gambaran dari spirit Panji, “tutur perupa asal Kabupaten Blitar Edi yang menelurkan lukisan bertema Panji Milenial.

Secara literatur, cerita Panji berpangkal pada kisah asmara Raden Inu Kertapati atau Panji Asmarabangun (Kerajaan Jenggala/Kahuripan) dengan Dewi Sekartaji atau Galuh Candra Kirana (Kerajaan Daha/Kediri).

Cerita yang kemudian melahirkan berbagai turunan, yakni diantaranya dongeng Keong Mas, Ande ande Lumut atau Golek Kencana.

Kisah itu diuri uri (dilestarikan) melalui jalur media seni. Diantaranya  wayang (Wayang topeng Malangan, Wayang Beber dan Gedog Pacitan) dan ketoprak.

Tidak hanya ditemui di Jawa, terutama Jawa Timur. Jejak cerita Panji juga ditemukan di Bali, Kalimantan, Malaysia, Thailand , Kamboja, Myanmar dan Filipina.

Meski dalam fragmen kisahnya terjadi peristiwa “bunuh diri kelas”, yakni tokoh utama  keluar Istana, menyamar dengan pranata hidup “bohemian”,  kisah  Panji tidak berakhir tragis seperti roman Romeo dan Juliet yang tokoh utamanya kalah total.

Panji juga tidak setragis elegi Sampek Eng Tay , yakni bagaimana  meraih bahagia harus lebih dulu menitis pada kupu kupu.

Klimaks cerita Panji adalah kedua tokoh utama (Panji Asmarabangun dan Candra Kirana) bersatu. Bahagia. Persatuan itu seringkali diterjemahkan sebagai perdamaian. Akhir dari perpecahan Jenggala dan Daha.

Sementara dalam blusukan (pengelanaan) yang menjumpai berbagai peristiwa tidak menyenangkan, lahir  nilai kehidupan rakyat jelata yang ditafsirkan sebagai budaya Panji.

“Siapapun yang berjuang dalam hidupnya bisa disebut menjalani laku Panji, “jelas Edi.

Hal senada disampaikan perupa Nur Ali. Merevitalisasi nilai budaya Panji, kata dia  terkait erat dengan program pembangunan karakter bangsa, khususnya di Jawa Timur.

Pada konteks kekinian, revitalisasi itu relevan dengan program revolusi mental. Dan bagi generasi milenial sangat dibutuhkan.

“Dan membangkitkan kembali nilai Panji sangat relevan dengan kondisi saat ini, “tambahnya.

Baca Juga:

Goa Selomangleng

Kota Kediri Tuan Rumah Panji

Begitu pentingnya nilai budaya Panji itu, pada 18 November 2018 mendatang, Kota Kediri akan menjadi tuan rumah pementasan seni budaya Panji Mbulan.

Pentas seni skala internasional yang ketiga kali itu akan melibatkan perwakilan tujuh negara yakni, Spanyol, Perancis, Jerman, China, Brazil, Mexico dan Indonesia (tuan rumah).

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Kediri Nurmuhyar kisah Panji merupakan kekayaan seni budaya yang tidak bisa diklaim milik siapa. “Ini merupakan kekayaan seni budaya, “ujarnya.

Mengapa perhelatan  mengambil tempat di Goa Selomangleng?. Pertama, karena ada keterkaitan erat dengan Dewi Kilisuci. Dan itu memiliki benang merah yang kuat dengan kisah Panji.

Yang kedua, Goa Selomangleng yang berlokasi di wilayah Kecamatan Mojoroto merupakan satu satunya destinasi wisata alam yang dimiliki Kota Kediri. “Karenannya kami berusaha menciptakan kegiatan disana, “papar Nurmuhyar. (*)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.