READING

Didiet Maulana Jadi Mentor Sekolah Busana Kediri

Didiet Maulana Jadi Mentor Sekolah Busana Kediri

KEDIRI – Untuk kedua kali Dewan Kesenian Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Kediri mengundang desainer profesional Didiet Maulana. Bukan untuk merancang busana, sang maestro diminta mengajar siswa Tata Busana di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kediri.

Didampingi Ketua Dekranasda Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar, Didiet Maulana menjadi mentor utama Coaching of The 5th Dhoho Street Fashion, Selasa 29 Oktober 2019. Kehadiran Didiet Maulana di sekolah ini sontak mengundang kegaduhan pelajar dan guru yang menunggu sejak pagi.

Di depan para siswa, Ferry Silviana atau Bunda Fey mengatakan kedatangan Didiet Maulana adalah bentuk dukungan terhadap agenda tahunan Dekranasda, Dhoho Street Fashion. Gelaran ini mengangkat kain lokal Kediri yang diubah menjadi model busana yang bernilai tambah.

Di sinilah peran Didiet Maulana sebagai mentor diperlukan. Didiet diminta memberikan motivasi kepada desainer muda Kota Kediri untuk berkreasi dengan kekayaan kain yang dimiliki. Termasuk Tmenceritakan pengalamannya saat membesarkan brand Ikat Indonesia.

“Tujuan saya menghadirkan Mas Didiet agar memberikan motivasi kepada adik-adik, barangkali apa yang disampaikan akan menjadi sesuatu hal yang baik di masa depan. Siapa tahu kedepan adik-adik ingin jadi desainer juga, sayang kan Kota Kediri punya kain lokal yang memiliki cerita bagus dan barangkali akan muncul desainer alumnus SMK Negeri 3 Kota Kediri,” ujar Bunda Fey.

Bunda Fey juga berpesan kepada siswa-sisiwi SMK Negeri 3 agar tak berhenti dilestarikan kain lokal yang menjadi kekayaan budaya Kota Kediri. Salah satunya dengan menciptakan produk busana yang keren agar bisa diterima jaman. “Tugas temen-temen disini untuk mempromosikan, mengenakan, sehingga keberlangsungan kain tersebut bisa panjang sampai anak cucu kita,” imbuhnya.

Dalam coaching of The 5th Dhoho Street Fashion ini, beberapa siswa menanyakan tingkat kesulitan yang sering dialami desainer saat membuat desain. Selain itu pertanyaan dasar seperti tantangan ketika merintis sebuah brand, serta seberapa penting fashion branding disampaikan kepada sang maestro.

Usai coaching of The 5th Dhoho Street Fashion di SMKN 3 Kediri, Bunda Fey beserta Didiet Maulana melanjutkan kunjungan ke SMK Negeri 2 Kediri. Di sana Didiet menyaksikan siswi SMKN 2 menenun.

Penulis : Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.