READING

Diguyur Hujan Berkepanjangan, Jaga Kondisi Tubuh d...

Diguyur Hujan Berkepanjangan, Jaga Kondisi Tubuh dengan Cara Ini

Saat ini intensitas hujan semakin tinggi. Hampir setiap hari hujan mengguyur bahkan tidak mengenal waktu. Kondisi basah dan lembab ini sangat mendukung penyebaran berbagai jenis penyakit. Apalagi di daerah yang diterjang banjir sehingga banyak genangan air kotor di sekitar lingkungan.

Padahal diperlukan kondisi tubuh yang selalu fit untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Berikut kiat-kiat yang perlu dilakukan demi menjaga kondisi tubuh.

  • Usahakan agar tubuh selalu hangat dan tidak basah

Banyak hal yang bisa dilakukan demi bisa menjaga suhu tubuh. Gunakan payung atau jas hujan agar tubuh tidak langsung terguyur air hujan. Gunakan pakaian hangat dan nyaman. Gunakan pula alas kaki yang nyaman dan mudah untuk diganti ketika dalam kondisi basah.

  • Usahakan untuk selalu membasuh bagian badan yang terkena air hujan.

Bagian tubuh yang paling mudah terpapar air hujan maupun genangan air kotor di jalanan adalah tangan dan kaki. Cucilah keduanya setelah sampai di tujuan. Jika seluruh badan basah kuyup, alangkah baiknya untuk segera mandi membersihkan diri setelah sampai rumah.

  • Jaga pola makan

Ketika cuaca dingin, tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk menghangatkan badan. Makanya biasanya orang yang kedinginan lebih mudah lapar. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, harus dipastikan asupan gizi tubuh terpenuhi.

  • Hindari terlalu sering jajan makanan di luar rumah

Kita tidak tahu seperti apa proses pembuatan makanan di luar sana. Kondisi becek dan banyak genangan air di jalanan memunculkan potensi penyebaran penyakit yang lebih mudah. Makanya kurangi intensitas jajan sembarangan.

  • Perbanyak minum

Ketika musim penghujan, tubuh juga akan cenderung lebih sering melakukan pembuangan melalui urine. Sehingga diperlukan asupan air yang cukup meski tidak mudah merasakan haus seperti ketika cuaca panas. Akan lebih baik jika minuman kita selingi dengan minuman hangat agar tubuh semakin nyaman.

  • Penuhi asupan vitamin C

Vitamin C sangat manjur untuk menjaga daya tahan tubuh. Ketika banyak virus dan penyakit menyerang di musim hujan, alangkah lebih baiknya jika kita mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C lebih banyak. Vitamin ini biasa terkandung dalam buah-buahan yang asam seperti jeruk, stroberi, blueberry, dan bawang putih.

Jika diperlukan, konsumsi vitamin c dalam bentuk suplemen. Namun hal ini diperlukan ketika tubuh mulai merasakan gejala awal sakit.

  • Jaga kebersihan lingkungan

Bersihkan lingkungan rumah dari tumpukan sampah dan potensi genangan air. Jaga kondisi dalam rumah agar tetap kering, nyaman dan tidak lembab. Selalu cuci perabotan rumah terutama alat makan dan memasak menggunakan air bersih.

  • Gunakan masker jika tubuh sudah terlanjur terserang flu.

Istirahat cukup dan konsumsi obat sesuai dengan ketentuan dari dokter agar penyakit bisa segera sembuh dan tidak menular ke orang-orang sekitar.

Penulis: Dina Rosyidha
Editor: Titik Kartitiani

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.