READING

Diska Rufa, Atlet Angkat Besi Andalan Kota Kediri,...

Diska Rufa, Atlet Angkat Besi Andalan Kota Kediri, Bakatnya Ditemukan Penjaga Sekolah

BOJONEGORO-Tiga medali emas untuk seorang atlet angkat besi di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur merupakan capaian yang sempurna. Diska Rufa Misana, atlet Kota Kediri ini mampu meraih prestasi tersebut, bahkan pada tiga kali kesempatan.

Perempuan kelahiran 1 Desember 1998 silam ini mengawali karirnya di dunia angkat besi sejak usia 13 tahun. Yang menarik, bakatnya ditemukan secara tidak sengaja oleh penjaga sekolahnya ketika ia masih di SMP Dhoho 1 Kota Kediri.

Saat itu, Diska aktif membantu pindahan kelas dengan mengangkat beberapa meja sendirian. Toni, si penjaga sekolah melihat kemampuan yang tak biasa untuk seorang perempuan. Kemudian Toni menyampaikan hal yang ia lihat pada Eko Agus Koko, pelatih angkat besi. Kini Eko menjabat sebagai Ketua Persatuan Angkat Berat, Binaraga, Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABBSI) Kota Kediri.

Eko Agus Koko masih ingat betul bagaimana ia menemukan Diska. Setelah mendapat kabar dari Toni, ia bergegas untuk meminang Diska langsung ke kepala sekolah dan orang tuanya.

“Saya masih ingat, saat itu dikabari Pak Bon (penjaga sekolah) kebetulan tetangga. Katanya ada anak, cewek, kuat, suka ngangkatin meja, saya langsung cepat ke sana, minta izin kepala sekolah, langsung saya latih,” kenangnya. Mudah untuk membentuk Diska. Karena gayung bersambut, Diska pun antusias dengan olahraga yang sama sekali belum ia kenal, pun tak ada darah atlet mengalir di tubuhnya.

Namun, perjalanan untuk menjadi atlet mendapat tantangan. Restu ibu tak langsung ia terima. Mariani, sang ibu, tidak melarang keras keinginan Diska untuk menjadi atlet, hanya mengisyaratkan agar Diska berhenti dari olahraga berat yang identik dengan olah raga para laki-laki perkasa.

“Sama orang tua nggak boleh sebenarnya, karena mungkin ini kan olahraga berat,” kata Diska sesaat setelah penyerahan medali emas. Ia meraih 3 medali emas dari kelas 64+ Kg di nomor pertandingan Snatch, Clear and Jerk, dan Total Angkatan di GOR Bojonegoro.

Setahun berlalu, Diska membuktikannya. Latihan keras sepulang sekolah berbuah dua emas dan satu perak di ajang Kejurda Angkat Besi di Malang. Raihan ini pun mampu mengetuk hati Mariani. Dukungan pun mengalir.

“Sejak saat itu sudah nggak protes lagi,” kata anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Mariani dan (alm) Yasin ini.

Mahasiswi semester 7 Prodi Penjaskesrek UNP (Universitas Nusantara PGRI, Kediri) ini kemudian menorehkan prestasi demi prestasi. Tiga emas dalam ajang Porprov IV Jawa Timur di Madiun, 3 emas dalam ajang Porprov V Jawa Timur di Banyuwangi, 3 emas Porprov VI Jawa Timur di Bojonegoro, 3 perak di Kejurnas Angkat Besi di Riau, serta 3 emas di Kejurnas Angkat Besi di Bandung yang membuat sang ibu semakin bangga.

Atlet angkat besi dan angkat berat. FOTO: JATIMPLUS,ID/Desis Kurnia

“Kalau kemarin (Porprov) tidak molor dan tetap 2 tahunan, mungkin masih bisa dapat empat kali kesempatan,” tambahnya. Poprov VI adalah kesempatan terakhir Diska karena batasan usia. Saat ini ia fokus menatap seleksi pra PON, ajang olahraga antarprovinsi Agustus mendatang.

Prestasi itu membutuhkan pengorbanan, khususnya soal waktu. Ia tak seperti remaja lainnya yang bebas ke mana-mana, namun harus mengikuti porsi latihan yang cukup ketat.  

“Ya, kadang jenuh. Latihan dua kali sehari (pagi dan sore), libur hanya Minggu, jarang sekali main. Harus pinter ngatur waktu aja sih.

Sekuat apapun ia mengangkat beban hingga 170 Kg, Diska tetaplah seorang perempuan yang memiliki sisi feminin. Di sela latihan dan kejuaraan, Diska memiliki kegemaran memasak dan menyanyi.

Tak hanya Diska, Kota Kediri memiliki Zenin Ramadhani, Rahma Shodiqoh, dan banyak gadis-gadis perkasa lainnya. Tak aneh jika Kota Kediri sekali lagi menyandang gelar juara umum untuk Cabang Olahraga Angkat Besi, di Porprov VI Jawa Timur ini.

Reporter: Desis Kurnia
Editor: Titik Kartitiani

print

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.