DPR RI Dukung PON XX Ditunda

KEDIRI – Anggota Komisi X DPR RI Abdul Hakim Bafagih mendukung penundaan PON XX di Provinsi Papua hingga tahun 2021. Pemerintah diminta fokus pada penanganan pandemi Covid-19 demi keselamatan rakyat.

Abdul Hakim Bafagih mengatakan sikap Gubernur Papua Lukas Enembe yang mengajukan penundaan penyelenggaraan PON XX pada September 2020 sudah tepat. Bagaimanapun pemerintah harus memprioritaskan penanganan Covid-19 di tanah air.

“Persiapan pelaksanaan PON XX Tahun 2020 di Provinsi Papua, seperti pembangunan venue, penyiapan akomodasi, pengadaan peralatan, pembiayaan maupun persiapan kontingen, tidak mungkin lagi dapat dijalankan sesuai rencana dan tepat waktu,” kata Abdul Hakim Bafagih, Rabu 1 April 2020.

Politisi dari Partai Amanat Nasional ini juga mengingatkan bahwa prioritas pembiayaan, sarana dan prasarana nasional maupun pengelolaan sumber daya saat ini ditujukan untuk penanggulangan kedaruratan kesehatan masyarakat. Hal ini telah telah diatur dalam perppu nomor 1 Tahun 2020 tentang kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan.

Menurut Hakim, perppu ini menjadi fondasi bagi pemerintah untuk melakukan langkah luar biasa dalam menjamin kesehatan masyarakat, sekaligus panduan pemerintah menyelamatkan perekonomian nasional. Salah satunya adalah penundaan dan realokasi anggaran baik APBN maupun APBD.

Tak hanya itu, penundaan PON XX juga dalam rangka mematuhi protokol penanggulangan Covid-19 tentang social distancing. Penyebaran virus Corona yang masif juga menjadi ancaman bagi keselamatan atlet dan masyarakat.

Dengan berhentinya persiapan PON, hal ini membawa konsekuensi bagi atlet yang terpaksa meliburkan kegiatan latihan. Dibutuhkan waktu tiga hingga tiga bulan dalam masa pemulihan bagi mereka untuk melanjutkan persiapan kembali setelah situasi dinyatakan aman. “Itu konsekuensi yang tak bisa diabaikan,” kata Hakim yang juga menjabat Presiden klub Persik Kediri. (Hari Tri Wasono)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.