READING

Empat Aplikasi Virtual Meeting Yang Lebih Aman Unt...

Empat Aplikasi Virtual Meeting Yang Lebih Aman Untuk Digunakan

Di tengah keharusan masyarakat untuk tetap berada di rumah membuat beberapa pekerjaan harus diselesaikan secara online. Termasuk agenda pertemuan seperti rapat terbatas, konferensi, hingga seminar dan kelas harus dilakukan secara virtual. Jelas kebutuhan akan aplikasi yang menunjang menjadi sangat dibutuhkan.

Meski demikian jangan sampai kita asal menggunakan aplikasi ya guys. Banyak curhatan yang bertebaran di dunia maya, betapa mengerikannya aksi para hacker yang berusaha mencuri data-data pribadi kita akibat asal membuat akun di sembarang tempat. Data yang dicuri tersebut dikhawatirkan dimanfaatkan untuk memeras kita, atau bahkan disalahgunakan untuk melakukan kejahatan atau melakukan penipuan dengan menggunakan identitas kita.

Baca juga : Lakukan Hal Ini Jika Masih Gunakan Zoom Untuk Telekonferensi

Berikut beberapa platform berbasis chat atau obrolan maupun video tatap muka yang banyak direkomendasikan para ahli Teknologi dan Informasi.

Whatsapp

Aplikasi paling banyak digunakan masyarakat saat ini. Selain chat dalam grup-grup, Whatsapp (WA) juga memiliki fitur video call. Fitur ini bisa digunakan untuk melakukan rapat online. Hanya saja pesertanya terbatas maksimal empat orang. Sehingga aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk forum-forum besar.

Beberapa kelas online lebih memilih berkomunikasi melalui chat. Pengajar hanya perlu mengupload materi-materi ajar dalam file tautan. Bisa berupa berkas file, gambar, video, hingga pesan suara. Untuk sesi tanya jawab dari siswa bisa dilakukan melalui percakapan.

Kelemahan dari aplikasi ini, chat di WA cenderung tidak beraturan. Apalagi ketika ada banyak orang yang mengirim percakapan dalam waktu yang bersamaan. Tautan-tautan yang disematkan juga lebih mudah tenggelam dengan banyaknya chat yang dilakukan dalam forum tersebut.

Anggota dalam grup juga cukup terbatas yakni maksimal 256 orang. Meski demikian, sistem keamanan dalam aplikasi ini cukup ketat sehingga sangat aman digunakan. Asalkan tidak ada pihak-pihak internal grup yang dengan sengaja membocorkan isi percakapan ke luar grup.

Google Classroom

Aplikasi ini paling cocok digunakan untuk melakukan kelas online. Di dalamnya ada banyak fitur yang memudahkan pengajar menautkan materi-materi terkait dan juga tugas yang harus dikerjakan siswa. Aplikasi ini juga tertaut dengan Google Drive, Youtube, Google Formulir, hingga pdf.

Caranya pun cukup mudah. Kita hanya perlu mengakses www.classroom.google.com lalu masuk dengan menggunakan akun Google yang sudah dimiliki. Setelah masuk, klik simbol “+” di pojok kanan atas. Jika kita masuk sebagai siswa kita pilih “Join Class” dan memasukkan kode yang diberikan pengajar.

Jika kita masuk sebagai pengajar, pilih “Create Class”, centang syarat dan ketentuan, lalu masukkan nama kelas, bagian, subjek, lalu pilih “Create”. Google Classroom pun siap digunakan. Untuk mengundang siswa, pengajar bisa menambahkan satu persatu secara manual, bisa pula dengan membagikan kode kepada murid.

Forum dalam aplikasi ini lebih ke percakapan yang tertata dalam linimasa. Sehingga siswa yang telat bergabung tetap bisa memantau proses pembelajaran dengan runtut.

Google Meet

Aplikasi ini hampir sama dengan Google Classroom namun lebih berbasis video. Caranya dengan mengakses www.meet.google.com. Aplikasi ini bisa dibuka melalui website, android maupun iOs. Websitenya pun bisa dibuka menggunakan berbagai macam browser mulai dari Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, atau Safari.

Di platform ini kita tidak hanya bisa melihat dokumen ajar saja tetapi juga presentasi hingga merekam. Dalam satu forum telekonferensi, aplikasi ini bisa menampung 250 peserta sekaligus. Dan siaran langsung bisa ditonton hingga 100 ribu penonton dengan dalam satu domain.

Dalam rangka memudahkan para terdampak wabah, layanan ini digratiskan hingga 1 juli nanti lho. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini ya guys.

Skype

Aplikasi ini merupakan salah satu produk Microsoft yang dikenal lebih dulu dan telah digunakan jutaan orang di seluruh dunia. Skype biasa digunakan untuk melakukan video call pribadi namun tidak jarang digunakan pula untuk melakukan video call grup atau telekonferensi.

Skype relatif lebih aman untuk digunakan karena menggunakan enkripsi pada sistem keamanannya. Enkripsi sendiri adalah metode mengubah bentuk wujud data menjadi suatu format yang sulit dipahami dan memerlukan kode atau cara khusus untuk membacanya. Metode ini berguna untuk melindungi data pengguna agar tidak bocor.

Aplikasi ini memungkinkan 50 orang bertatap muka secara virtual dalam satu kali panggilan. Kualitas suara lebih baik, dan mudah digunakan untuk sistem Windows, Linux, Mac, Android hingga iOs.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.