READING

Empat Kebiasaan Yang Harus Dihindari Selama Masa K...

Empat Kebiasaan Yang Harus Dihindari Selama Masa Karantina

Selama masa karantina, masyarakat dihimbau untuk tetap berada di rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Sejumlah instansi baik swasta maupun pemerintah pun mencanangkan program work or study  from home. Hal ini jelas membuat ritme hidup para pekerja kantoran maupun pelajar dan mahasiswa menjadi berubah.

Jika kita sebelumnya kita sudah repot beraktivitas pagi sebelum berangkat kerja, selama karantina hal tersebut tidak lagi dilakukan. Waktu kita berleha-leha bisa lebih lama. Bahkan bangun siang sangat memungkinkan dilakukan selama di rumah saja.

Momentum berdiam diri sepanjang hari di rumah ini jelas bisa membentuk kebiasaan baru yang sebelumnya jarang kita lakukan. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang perlu dihindari selama masa karantina mandiri di rumah.

Begadang

Luangnya waktu di pagi hari membuat kita terpancing untuk bangun lebih siang dari kebiasaan. Hal ini jelas membuat siapapun menjadi lebih santai meski begadang di malam hari. Bahkan ada sebagian yang baru mengantuk setelah masuk dini hari. Selain tidak ada kewajiban bangun pagi, aktivitas rebahan sepanjang hari juga bisa membuat tubuh tidak mudah mengantuk di malam hari.

Padahal aktivitas begadang ini tidak baik jika terlalu sering dilakukan. Untuk menghindarinya, gunakan waktu seharian untuk beraktivitas secara produktif. Kita bisa menggunakannya untuk bersih-bersih rumah, memasak, berkebun, menjahit atau apapun sesuai dengan kegemaran kita.

Selain aktivitas pokok yang wajib dan rutin, kita juga bisa memvariasikan kesibukan dengan mempelajari hal-hal baru. Seperti belajar editing foto atau video, menggambar, menulis cerpen, dan keahlian lainnya.

Jarang Berolahraga

Meski kita disarankan untuk berada di rumah saja, jangan membuat alasan tersebut untuk tidak berolahraga. Setidaknya dua hingga tiga kali seminggu kita harus berolahraga ringan. Kita bisa melakukan body weight training, skipping, yoga, atau olahraga lainnya yang kita senangi.

Sesekali kita juga diperbolehkan untuk berolahraga di luar rumah lho. Seperti taman, lapangan, atau tempat publik lainnya, Asalkan kita tetap menjaga jarak dengan orang lain, tidak membuat kerumunan, dan dilakukan seperlunya.

Mengonsumsi Junk Food

Bagi yang tidak suka memasak, berdiam diri di rumah memunculkan masalah baru yakni kesulitan mendapatkan makanan yang siap konsumsi. Ujung-ujungnya lebih memilih untuk makan junk food seperti mie instan karena terjangkau dan sangat mudah menyiapkannya.

Mengonsumsi junk food diperbolehkan. Asalkan jangan terlalu sering melakukannya. Hal ini bisa berdampak pada kesehatan dan asupan gizi yang tidak seimbang. Jika kebutuhan gizi tidak terpenuhi, tahan tubuh menjadi lemah dan tubuh pun menjadi rentan sakit.

Mudah Stress

Berdiam diri di rumah sepanjang hari bisa menimbulkan rasa bosan. Apalagi digempur dengan berbagai informasi menyeramkan tentang wabah penyakit membuat tubuh dan pikiran menjadi mudah stress. Jika sudah demikian, nafsu makan menjadi turun dan sistem kekebalan tubuh pun melemah.

Untuk itu, upayakan untuk selalu mengisi waktu untuk hal-hal yang positif dan menyenangkan. Jangan terlalu fokus dengan informasi buruk saja, seimbangkan dengan tontonan hiburan dan berita-berita yang menggembirakan. Tertawa yang porsinya pas bisa menyehatkan mental maupun fisik lho. Jadi selalu jaga mood agar tidak mudah stress yaa..

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.