READING

Empat Menu yang Harus Ada di Dalam Kotak Bekal Pek...

Empat Menu yang Harus Ada di Dalam Kotak Bekal Pekerja

Akhir-akhir ini masyarakat terutama dari kalangan pekerja lebih senang membawa bekal makanan sendiri ketika bekerja. Selain isu kesehatan dan kebersihan, bekal makanan buatan sendiri jelas lebih mengirit pengeluaran. Namun ada beberapa kendala yang dialami oleh mereka yang tidak hobi memasak.

Kendala paling besar adalah minimnya ide masakan. Karena harus dilakukan setiap hari, para pekerja ini bingung mix and match menu-menu makanan agar tidak bosan. Tidak hanya itu, makanan bekal harus dimasak di sela-sela persiapan berangkat kerja. Sempitnya waktu memasak membuat mereka seringkali enggan membawa bekal makanan.

Untuk itu, diperlukan list menu yang tidak rumit proses memasaknya. Meski sederhana, alangkah baiknya bekal yang dibawa tidak meninggalkan kandungan gizinya. Jangan sampai kebiasaan membawa bekal nasi dengan lauk mie goreng menjadi kebiasaan karena jelas hal tersebut tidak menyehatkan. Berikut beberapa jenis menu yang harus ada dalam kotak bekal yang dibawa para pekerja.

Karbohidrat

Ada banyak jenis makanan mengandung karbohidrat yang bisa kita masukkan ke dalam daftar menu bekal bekerja. Paling umum adalah nasi putih. Kita bisa membuat variasinya berupa nasi goreng, nasi kepal, atau nasi uduk. Bagi yang berdiet bisa menggunakan beras merah. Kita dapat mengganti menu nasi ini dengan mie goreng, pasta, hingga roti bakar. Bahkan jika suka, kita juga bisa memasukkan menu olahan jagung atau singkong rebus sebagai pengganti nasi.

Sayuran

Menu dari sayuran ini cukup mudah. Kita dapat membuat berbagai jenis tumis atau oseng-oseng dari sayuran hijau. Bumbunya sederhana. Cukup potongan bawang merah, bawang putih, garam, dan lada saja. Selain sehat, menu ini sangat mudah membuatnya.

Kita juga bisa membuat menu salad sayur dengan berbagai dressing (saus). Mulai dari mayonnaise, minyak wijen, olive oil, hingga saus mangga, lemon, dan alpukat. Versi tradisionalnya, kita bisa menyisipkan menu urap-urap atau pecel. Bahkan kita juga bisa memenuhi asupan sayur dalam bentuk lalapan pendamping sambal jika tidak sempat memasaknya.

Lauk-pauk

Sebenarnya menu inilah yang paling menyita waktu dalam memasaknya. Meski demikian ada banyak ragamnya. Kita dapat memilihnya berdasarkan selera dan lama waktu memasak yang tersedia. Sesekali kita dapat membawa bekal berupa ayam mentega, rendang, semur daging atau ikan sambal balado dengan trik menyicil prosesnya sejak sehari sebelumnya. Sehingga pas hari H-nya, kita tinggal mencampurkannya dalam wajan.

Menu lauk-pauk juga ada banyak versi simpelnya. Seperti telur rebus, telur dadar, telur orak-arik, tahu-tempe goreng, ikan goreng, hingga atau ayam goreng suwir. Kita juga bisa membuat oseng-oseng ikan teri, atau sosis bumbu asam-manis. Bumbu dasarnya cukup potongan bawang merah dan putih saja. Tinggal tambah saus botol, kecap manis, lada, saus tiram sesuai selera.

Buah

Menu ini adalah yang paling simpel. Kita cukup mengupas dan memotong-motongnya saja untuk diletakkan ke dalam kotak makan. Biasanya yang sering dibawa para pekerja adalah potongan buah melon, semangka, pir, apel, buah naga, hingga jeruk. Jenis buah ini bisa apa saja, tinggal disesuaikan dengan selera dan stok di rumah masing-masing.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.