READING

Empat Wisata Cantik di Mojokerto Yang Bisa Kamu Ku...

Empat Wisata Cantik di Mojokerto Yang Bisa Kamu Kunjungi Setelah Corona

MOJOKERTO – Membuka dokumentasi foto wisata adalah pilihan paling realistis dalam situasi social distancing seperti ini. Selain membangun kembali ingatan yang menyenangkan, foto-foto wisata ini bisa menjadi piknik kenangan agar tak suntuk di rumah.

Nah, berikut ini adalah beberapa tempat wisata asyik di Mojokerto yang barangkali pernah kamu singgahi. Jika belum, kamu bisa memasukkanya dalam daftar kunjungan jika badai Corona ini berlalu.

Sendi Adventure, Pacet

Pacet merupakan salah satu kawasan wisata utama di Mojokerto. Di sana ada beberapa destinasi wisata yang sudah ada sejak dulu seperti pemandian air panas. Daerah di sekitarnya pun menawarkan pemandangan yang cukup indah sehingga memunculkan banyak tempat wisata baru di sekitarnya.

Salah satunya adalah Sendi Adventure. Sebenarnya Desa Adat Sendi sudah ada sejak lama namun tempat ini kembali booming dan dibuka secara resmi pada tahun 2017 lalu. Lokasinya berada di area Hutan Pacet.

Oleh sebagian orang, tempat ini digunakan sebagai rest area atau tempat mendinginkan mesin kendaraan. Memang di sekiar desa ini, jalurnya cukup curam dan berbahaya. Kondisi ini membuat mesin kendaraan menjadi cepat panas dan menimbulkan peluang kerusakan jika dipaksa terus berjalan.

Makanya banyak orang kemudian memutuskan untuk beristirahat sejenak di sini. Selain menjadi tempat melepas lelah, spot ini juga menawarkan pemandangan yang sangat indah karena berada di atas Kali Kromong.

Lokasinya yang berada di bibir jurang, membuat pihak pengelola membangun deck view semi permanen. Ada banyak variasi bentuk gardu mulai dari papan kayu biasa, spot sayap kupu-kupu, sarang burung jerami, jembatan bambu, dan spot bunga-bungaan. Spot ini sangat menarik untuk dijadikan tempat berfoto ria.

Untuk bisa mendapatkan pemandangan yang menarik, pengunjung sebaiknya datang di pagi hari atau siang hari. Hamparan hijau yang bisa dilihat dari ketinggian ini berguna untuk melepas stress dan penat. Hindari pulang ketika hari telah gelap karena lokasi jalanan yang cukup berbahaya ketika di lewati di malam hari.

Di sana kita juga bisa mencoba outbond pacet, rafting, hingga camping. Jangan lupa untuk mencoba kuliner legendarisnya yakni nasi jagung yang berada di warung-warung makan tidak jauh dari lokasi.

Puncak Watu Jengger

Puncak ini berada tidak jauh dari kawasan wisata Trawas tepatnya di Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. Puncak ini sangat cocok untuk para petualang yang ingin menikmati keindahan dari ketinggian. Tidak hanya di puncaknya saja, pemandangan menawan juga tersuguh di sepanjang jalur menuju ke sana.

Ketika melintasinya, kita harus ekstra hati-hati. Karena medannya cukup ekstrim yakni berupa tanjakan dan turunan yang curam. Jalurnya pun sempit dan berbatu. Meski demikian, lelah dan setiap kehati-hatian kita akan terbayar lunas ketika sudah berada di puncaknya yang indah.

Air Terjun Dlundung

Obyek wisata ini lokasinya paling dekat dengan Surabaya yakni sekitar 60 km. Perlu waktu perjalanan sekitar 1,5 jam saja. Letaknya berada di Desa Ketapnrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Air terjun ini berada di dalam kawasan hutan lindung Perhutani KPH Pasuruan, di lereng Gunung Welirang. Luas kawasannya sekitar 4,5 hektar.

Jalannya menanjak dan berkelok-kelok. Meski demikian masih sangat nyaman untuk dilintasi kendaraan bermotor maupun kendaraan roda empat. Banyak tanjakan dan turunan tajam di sana. Jadi kendaraan maupun pengemudi harus dalam kondisi fit. Di jalur berkelok-kelok tersebut, kita sudah bisa menikmati hamparan sawah terasering yang asri dan hijau.

Sesuai dengan namanya, obyek utama yang disuguhkan adalah aliran deras air terjun. Jernih dan dinginnya air membuat perjalanan menegangkan sebelumnya menjadi hilang. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati wahana tubing karena aliran sungainya cukup panjang. Ada pula bumi perkemahan yang bisa dicoba bersama teman dan keluarga.

Taman Anggrek Pungging

Taman ini berada di Dusun Adisono, Desa Lebaksono, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. Lokasinya paling rendah dibandingkan wisata lainnya dan dekat kawasan industri. Meski demikian, suasananya masih asri, sejuk, dan nyaman untuk dijadikan tempat bersantai.

Di sana ada kebun anggrek seluas sekitar 7 hektar. Lokasinya dibagi menjadi beberapa bagian yakni tempat pembibitan, pembesaran, dan kumpulan gazebo-gazebo untuk berkumpul dan beristirahat sambil menikmati pemandangan kebun anggrek.

Tidak hanya menikmati pemandangan. Pengunjung bisa sekaligus belajar tentang bunga anggrek dan cara membudidayakannya. Bahkan pengunjung juga bisa sekaligus berbelanja bibit untuk ditanam di rumah masing-masing. Mengingat luasnya lahan kebun, kita bisa mendapati banyak jenis anggrek di sana. Mulai dari anggrek bulan, dendrobium, cattleya, cymbidium, vanda, transient white cetta, denrubium super pop, dan jenis lainnya.

Penulis : Dina Rosyidha
Editor : Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.