READING

Games Jadul, Obat Bosan Selama Social Distancing

Games Jadul, Obat Bosan Selama Social Distancing

Wabah virus corona yang tidak juga membaik membuat waktu stay at home kita semakin lama. Padahal sebagian besar orang sudah ngempet untuk jalan-jalan. Atau setidaknya berkeliling kota dan berburu takjil di pasar kaget.

Salah satu hiburan yang bisa membunuh bosan adalah berselancar di dunia maya. Masalahnya jika tidak dikendalikan, konsumsi kuota internet pun membengkak. Mengalahkan biaya kebutuhan primer. Lalu bagaimana caranya agar tetap terjaga kewarasan kita?

Salah satu solusinya adalah bermain game offline (luar jaringan). Banyak games jaman dulu (jadul) yang sebenarnya masih menarik untuk dimainkan . Kita juga bisa bernostalgia masa kecil ketika memainkan games jadul tersebut.

Untuk memainkannya, kita hanya perlu sedikit kuota untuk menguduhnya di awal. Selebihnya kita bisa menikmatinya secara luring (luar jaringan). Berikut beberapa games jadul yang bisa kita mainkan secara bergantian ketika rasa bosan dan stress mulai melanda.

Onet

Siapa yang tidak mengenal game ini. Permainan ini menekankan pada kecepatan dan ketelitian tingkat tinggi. Cara bermainnya cukup mudah. Kita diminta untuk menghubungkan dua gambar identik yang penghalangnya paling minim. Garis hubung yang dibutuhkan maksimal tiga garis.

Selain banyaknya gambar yang harus dihubungkan, kita juga dibatasi waktu bermain. Kendala lainnya adalah rumitnya posisi gambar sehingga tidak bisa dihubungkan. Untuk itu, disediakan jatah mengacak gambar secara otomatis.

Permainan dinyatakan kalah jika kita kehabisan jatah acak otomatis maupun waktu bermain. Saat ini sudah banyak sekali varian gambar dari permainan ini. Namun jika ingin merasakan sensasi jadulnya, kita bisa memilih jenis “onet klasik”.

Zuma Revenge

Game ini juga menjadi permainan sejuta umat. Zuma Revenge sendiri adalah pengembangan dari game edisi sebelumnya yang bernama “Zuma Deluxe”. Permainan besutan PopCap Games ini cukup diminati karena juga ada sensasi menantang. Cara bermainnya yakni dengan menembakkan bola-bola berwarna ke arah jajaran bola lainnya yang berjalan otomatis.

Hasil tembakan bola dengan warna yang sama ini membuat bola menghilang dan berkurang. Targetnya adalah menghabiskan jajaran bola tersebut sebelum masuk ke lubang hitam. Jika kita tidak jeli dalam menembak dan bola sampai masuk ke dalam lubang, maka kita dinyatakan kalah.

Zuma versi Revenge ini tampilannya lebih menarik jika dibandingkan edisi sebelumnya. Tantangannya pun semakin banyak yang terbagi di beberapa zona permainan. Mulai dari gua, pantai, gunung api, hingga permainan dalam air.

Fish Feeding Frenzy

Game ini juga cukup menarik untuk dimainkan secara offline. Dalam permainan, pemain memosisikan diri sebagai seekor ikan. Di setiap levelnya kita mendapat tantangan memakan jenis ikan-ikan tertentu dan menghindari jenis-jenis ikan lainnya yang ukurannya lebih besar dari kita.

Banyaknya populasi ikan musuh inilah yang membuat permainan ini menjadi seru. Jika kita tidak sengaja menabrak atau tertabrak ikan “pantangan”, maka kita dinyatakan kalah. Tidak hanya ikan, kita juga dihadapkan berbagai jenis biota laut yang berbahaya. Seperti ubur-ubur, jepitan kerang mutiara, hingga patukan burung bangau di permukaan air.

Plants vs Zombies

Meski menakutkan, karakter zombie atau mayat hidup ini cukup digemari masyarakat. Selain dimasukkan dalam sebuah film, karakter ini juga menjadi tokoh dalam permainan. PvZ yang dirilis sejak sebelas tahun yang lalu ini, kini sudah diunduh di play store sebanyak 4 juta kali. Sedangkan keluaran keduanya telah diunduh 6 juta kali.

Cara bermain game ini lebih rumit karena kita harus mengenal karakter masing-masing jenis zombie. Di sana ada puluhan jenis zombie mulai dari zombie polosan, zombie dengan ember besi di kepala, hingga zombie raksasa. Mereka memiliki tujuan masuk ke rumah untuk memakan otak pemiliknya.

Kita sebagai pemain bertugas menanam berbagai jenis tumbuhan yang bisa membunh zombie sebelum masuk ke rumah. Jenis tanaman yang ada pun beragam. Semua memiliki kekuatan yang berbeda dan harus disesuaikan dengan kelemahan para zombie agar zombie bisa dimatikan sebelum masuk ke dalam rumah.

Lokasi pertarungannya ada banyak. Mulai dari halaman depan, halaman belakang rumah, hingga atap. Zombie pun menyerang ketika hari terang, hari gelap, bahkan ketika hujan badai datang.

Tantangan yang ada di PvZ 2 jauh lebih sulit dibandingkan versi sebelumnya. Bahkan di versi ini ada banyak zona zaman yang harus ditaklukkan. Mulai dari zaman purba, zaman mesir kuno, hingga zaman robot di masa depan. Versi kedua ini hanya bisa dimainkan di ponsel pintar saja.

Masih ada banyak lagi jenis games jadul yang bisa kita mainkan. Silahkan disesuaikan dengan selera masing-masing untuk mendownloadnya.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.