READING

Genjot Pariwisata, Kominfo Latih Videografi Petuga...

Genjot Pariwisata, Kominfo Latih Videografi Petugas Desa

KEDIRI – Sadar dengan besarnya potensi wisata alam di Kabupaten Kediri, Dinas Kominfo memberi pelatihan multimedia kepada pengelola desa wisata. Mereka diharapkan mampu mempromosikan kawasan wisata melalui video.

Pelatihan pembuatan video kepada pengelola dewa wisata di Kabupaten Kediri ini dilakukan Dinas Kominfo pada Selasa 3 Desember 2019. Mereka diajarkan membuat video menarik tentang obyek wisata agar menarik perhatian pengunjung.

Tak tanggung-tanggung, pelatihan kali ini mendatangkan vidografer dari media televisi nasional RCTI Teguh Gunawan untuk membekali pengetahuan kepada pengelola desa wisata. Kepada mereka, Teguh mengajarkan teori dan teknik pembuatan video dengan peralatan sederhana. “Agar aplikatif dan bisa dilakukan siapapun,” kata Teguh dalam pelatihan tersebut.

Dalam pelatihan kreasi visual ini, para peserta dilatih mengemas potensi desa wisata dengan kamera. Teguh juga menjelaskan tahapan pra pembuatan video yang harus dilakukan agar video yang dihasilkan lebih matang. Seperti  yaitu ide cerita, naskah, story board, mencari informasi data, persiapan peralatan, hingga timeline produksi.

Tidak hanya menyampaikan materi, Teguh Gunawan juga menayangkan beberapa contoh video karyanya. Selain itu, ia juga memberikan review kepada beberapa video desa wisata karya peserta pelatihan. Hal tersebut bisa menjadi evaluasi agar video yang dihasilkan menjadi lebih baik dan menarik.

Kasi Kehumasan Dinas Kominfo, Sutarja mengatakan sektor wisata menjadi potensi penting yang harus dikembangkan. Karena itu peran pengelola desa wisata untuk menyebarkan informasi tentang potensi wisata mereka sangat dibutuhkan. “Mereka adalah ujung tombak pemasaran,” katanya.

Tak sekedar memberikan pelatihan, program ini diikuti lomba pembuatan video desa wisata pada akhir bulan Desember. Berbagai hadiah menarik disediakan untuk menggugah minat peserta. (Advertorial)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.